Dua parpol Cianjur sudah tetapkan nama pimpinan dewan

Dua parpol Cianjur sudah tetapkan nama pimpinan dewan

DPRD Cianjur, Jawa Barat, yang sudah dilantik masih menunggu penetapan ketua dan wakil ketua definitiv dari masing-masing parpol peraih kursi terbanyak pada pemilu 2019 (Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Dua partai politik pemenang Pemilu 2019 di Cianjur, Jawa Barat, PKS dan NasDem mulai menetapkan nama untuk mengisi kursi pimpinan DPRD Cianjur dan dua parpol lainnya Gerindra dan Golkar masih menunggu surat putusan dari DPP.

Ketua DPD PKS Cianjur, Wilman Singawinata pada wartawan di Cianjur, Jumat, mengatakan keputusan dari DPP dan DPW sudah turun dan menetapkan dirinya untuk menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Cianjur.

Surat tersebut, tutur dia telah diserahkan meskipun penetapan pimpinan definitif DPRD Cianjur baru akan dilakukan di akhir bulan. "Sebelumnya diajukan dua nama dan keputusannya keluar atas nama saya," katanya.

Pada pemilu lalu, PKS Cianjur meraih kursi yang cukup membuat membuat parpol tersebut mendapatkan kursi pimpinan dimaksimalkan untuk menjalankan tiga fungsi legislatif seperti legislasi, anggaran dan pengawasan.

Baca juga: DPRD Cianjur agendakan pembetukan fraksi dan pimpinan definitif

"Posisi pimpinan akan memberikan kekuatan lebih bagi PKS dalam menjalankan tiga fungsi tersebut untuk mengakomodir aspirasi masyarakat," katanya.

Sekretaris DPD Partai NasDem Cianjur, Abdul Azis, mengatakan meskipun masih menunggu surat resmi dari DPP, namun DPW Partai NasDem Jabar sudah menyebutkan kalau dirinya dipilih untuk mengisi jatah kursi pimpinan di DPRD Cianjur.

"Tiga nama yang diusulkan, informasi dari DPW saya yang ditunjuk menjadi Wakil Ketua DPRD Cianjur dari Partai NasDem. Suratnya sudah ada tinggal ditandatangani Ketua Umum, namun karena sedang ada kegiatan di luar daerah, jadi sedikit tertunda," katanya.

Sementara Partai Golkar dan Partai Gerindra Cianjur, masih menunggu surat putusan dari DPP untuk nama yang akan mengisi kursi pimpinan.

Sekretaris DPD Partai Golkar Cianjur, Deden Nasihin, mengatakan pihaknya masih menunggu surat putusan dari DPP ke DPD Cianjur. "Kalau sudah ada langsung diumumkan. Untuk namanya belum tahu, kita lihat saja surat resminya," kata Deden.

Baca juga: DPRD Cianjur setujui pembentukan tim teknis Daerah Otonomi Baru

Sedangkan Bendahara DPC Partai Gerindra Cianjur, Andri Suryadinata, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan surat putusan untuk kursi Ketua DPRD Cianjur dari partai Gerindra akan turun.

"Masih ada waktu hingga penetapan pimpinan definitif DPRD Cianjur yang dilaksanakan 27 Agustus. Sebelum pelantikan dipastikan suratnya sudah turun. Siapapun yang ditetapkan DPP, diharapkan mampu bekerja dengan maksimal," katanya.
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019