Jambi (ANTARA) - Lima atlet angkat besi (lifter) Jambi  lolos ke PON 2020 di Papua, setelah pada Kejuaraan nasional (Kejurnas) Pabbsi sekaligus babak prakualifikasi PON di Jawa Barat, 18-24 Agustus berhasil meraih dua medali emas, empat perak dan lima perunggu.

Kabid Binpres Pabbsi Jambi, Natalis Apey melalui Ofisial tim Pabbsi Jambi, Anim saat dihubungi, Jumat, mengatakan kelima lifter Jambi yang lolos ke PON mendatang ada empat atlet putri dan satu atlet putra yang sudah mendapatkan tiket tampil di Papua mendatang.

Keempat lifter putri Jambi yang telah mengantongi tiket PON adalah Juliana Klarisa yang pada Prakualifikasi PON berhasil meraih satu emas, dua perak, kemudian Yulia Eka Masweni meraih satu emas dan satu perak dimana kedua lifter Jambi itu tampil pada kelas yang sama 76 kilogram.

Kemudian atlet putri Jambi yang juga meraih tiket PON adalah Melinda Gusti yang mendapatkan dua medali perunggu, satu perak dikelas 87 Kilogram putri, Jihan Safitri meraih dua perunggu untuk kelas 67 kilogram putri sedangkan lifter putra Jambi yang lolos cabang angkat besi adalah M Denial yang merebut hanya satu perunggu.

Hasil cabang angkat besi di Prakualifikasi PON yang sedang berlangsung di Jawa Barat adalah dua medali emas, empat perak, lima perunggu dengan jumlah lifter yang lolos empat putri dan satu putra.

Hasil sementara dari kejurnas 2019 yang juga sebagai babak prakualifikasi PON itu, dari 29 atlet Jambi yang mengikuti Kejurnas sekaligus babak prakualifikasi PON itu, baru lima atlet dari cabang angkat besi yang lolos ke PON 2020 sedangkan atlet atau lifter lainnya masih akan berjuang meraih medali dan tiket PON.

Sebelumnya Pengurus provinsi (Pengprov) Pabbsi Jambi akan mengirimkan 29 atletnya untuk mengikuti Kejurmas sekaligus babak prakualifikasi PON yang berlangsung di Jawa Barat, 18-24 Agustus 2019.

Ke-29 atlet Jambi tersebut akan turun pada cabang angkat besi ada 13 atlet dan angkat berat sebannyak 16 atlet pada prakualifikasi PON di Bandung, Jawa Barat. Sebelum tampil pada Kejurnas 2019 yang sekaligus ajang prakualifikasi PON itu, para atlet Jambi telah melalui tahapan seleksi di tingkat provinsi dan selama beberapa bulan terakhir mereka menjalani pemusatan latihan daerah (pelatda).

"Para atlet yang akan ikut Prakualifikasi PON 2019, telah menjalani tahapan pelatda yang digelar KONI Jambi, dengan harapan mereka bisa tampil maksimal meraih medali prakualifikasi PON," kata Anim.

Ke-29 atlet Pabbsi Jambi yang akan turun pada ajang Kejurnas sekaligus babak prakualifikasi PON di Bandung, Jawa Barat adalah untuk atlet angkat besi terdiri atas lima putri dan delapan putra sedangkan atlet angkat beratnya ada masing-masing delapan putra dan putri.

Untuk atlet angkat besi yang akan tampil pada Prakualifikasi PON nanti adalah putranya Fathur Muharam, M Rifqi Ramadan, M Denial, Dolimin dan Ibnu Hajar. Pada putrinya ada Kienanti Saputri peraih medali perak PON 2016, Yulia Eka Masweni peraih perunggu PON 2016, Melinda Gusti, Juliana Klarisa saat ini sedang menjalani Pelatnas SEA Games, Ayu Azhari, Ratih Kumala Putri, Ardha Roza dan Jihan Syafitri.

Sedangkan untuk atlet putri angkat beratnya ada Ayu Rosmawati, Putri Indri Yani, Eka D Puspita Sari, Vivi Hesti Karyani, Fitri Amelia, Siti Anisa, Rosa Gina Nababan dan Ayu Sinta Supriadi. Dibagian putranya ada Reki P Andika, Andri Saputra, Sien Pulungan, Eko Pramono, Abdul Latif Manna, Imron Fatminto, Reza dan Darul Ulum.

Baca juga: Lifter Jambi raih 10 emas kejuaraan Asia

Baca juga: Robby Lifter Jambi Lampaui Rekor Asia Junior


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019