Satu haji Kalimantan Selatan meninggal dalam perjalanan pulang

Satu haji Kalimantan Selatan meninggal dalam perjalanan pulang

Suasana Bandara Kualanamu Medan saat malam. Anggota jamaah haji asal Kalimantan Selatan diketahui meninggal dunia saat pesawat yang ditumpangi transit di Bandara Kualanamu. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Banjarmasin (ANTARA) - Satu anggota jamaah haji asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, meninggal dunia di dalam pesawat yang membawanya pulang dari Arab Saudi ke Tanah Air menurut data Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi di Banjarmasin, Kamis, menjelaskan bahwa anggota jamaah haji yang bernama Kayuh Rasidi Ahmad (81) itu pulang ke Tanah Air dalam kelompok terbang 02.

"Saat transit di Bandara Kualanamu Medan, H Kayuh Rasidi Ahmad diketahui telah wafat, sehingga jenazahnya di turunkan di sana," katanya.

Noor Fahmi menambahkan bahwa dengan demikian sampai sekarang total sudah ada delapan anggota jamaah haji asal Embarkasi Banjarmasin yang meninggal dunia.

Ia menjelaskan bahwa ada satu petugas haji Embarkasi Banjarmasin yang berada di Medan untuk mendampingi satu anggota jamaah yang sakit dan membantu pengurusan pemulangan jenazah Kayuh Rasidi Ahmad ke Banjarmasin.

"Sebab ada pula satu haji lagi dari kloter 02 yang harus diturunkan karena sakit dan di rawat di rumah sakit sana," kata dia.

Menurut Noor Fahmi, jamaah dalam Kloter 02 yang pulang ke Tanah Air semula terdiri atas 325 orang termasuk di dalamnya petugas pendamping.

Sementara itu, jamaah haji dalam Debarkasi Banjarmasin yang sudah tiba kembali di Tanah Air tercatat 646 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter).

Embarkasi Banjarmasin tahun ini memberangkatkan 19 kloter jamaah haji yang terdiri atas 6.112 orang.

Baca juga:
Jamaah haji Kalbar dijadwalkan tiba di Pontianak mulai 28 Agustus
Masa tunggu calon haji dari Kalimantan Selatan 25 tahun
Pewarta : Sukarli
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019