DPR: Menkominfo wujudkan kedaulatan negara

DPR: Menkominfo wujudkan kedaulatan negara

Bobby Adhityo Rizaldi (www.dpr.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Calon menteri, khususnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), ke depan harus meneruskan program-program sektor kominfo dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara dan kemandirian nasional, kata Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi.

"Menurut saya, Menkominfo ke depan perlu meneruskan program-program sektor kominfo dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara dan kemandirian nasional," kata dia di Jakarta, Senin.

Dia menilai kalangan profesional pantas menduduki jabatan tersebut karena dinilai bisa menyelesaikan agenda kominfo dan berpotensi tidak memiliki konflik kepentingan.

Dalam hal kedaulatan negara, menurut dia, dengan membangun infrastruktur, seperti merdeka sinyal dan konenktivitas nasional yang dicanangkan pemerintah sebelumnya selesai pada 2020.

Dia mengatakan hal itu termasuk penyelesaian proyek palapa ring, satelit, termasuk menyelesaikan perubahan UU Penyiaran dan Perlindungan Data Pribadi.

"Dalam hal kemandirian nasional, Kominfo harus mampu merespons dinamika global dan bisa memastikan kemampuan anak negeri dalam sektor 'e-commerce', literasi TIK, dan kewajiban TKDN," ujarnya.

Dia menilai Menkominfo saat ini yaitu Rudiantara mampu menjawab tantangan-tantangan Kominfo ke depan.

Bobby menilai Menkominfo ke depan harus dari kalangan profesional, yang tidak berpotensi memiliki konflik kepentingan bisnis atau usaha di bidang telekomunikasi dan penyiaran.

 
Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019