Harapan kita adalah melalui kegiatan ini akan masyarakat akan merasakan manfaat atas keberadaan BUMN di daerahnya
Tarakan (ANTARA) - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikomandani oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai BUMN PIC bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) sebagai BUMN co-PIC melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di Tarakan.

Serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI ini digagas oleh Kementerian BUMN diikuti seluruh BUMN untuk melaksanakan program BHUN di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah melaksanakan sejumlah program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD), Telkom beserta BUMN co-PIC melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Lapangan Taman Berkampung, Tarakan, Sabtu.

Upacara ini merupakan acara puncak program BUHN di mana Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bertindak sebagai pembina upacara peringatan HUT ke-74 RI.

Upacara juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan, Bondan Tiara Sofyan, Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN yang juga menjadi pendamping kegiatan BHUN di Kalimantan Utara Eko Setiawan, Direktur Keuangan dan Investasi Perum Jamkrindo bersama dengan jajaran Direksi Telkom dan Direksi BUMN co-PIC serta diikuti oleh sekitar 1.300 peserta dari karyawan BUMN dan pelajar.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN, Eko Setiawan berharap agar melalui program BHUN diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung kehadiran BUMN di daerahnya.

“Karena selama ini kontribusi BUMN hanya dianggap penyerapan tenaga kerja, kemudian kontribusi pajak, nah sekarang ini langsung menyentuh masyarakat di paling bawah,” kata Eko.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa kehadiran BUMN Hadir untuk Negeri dalam momentum peringatan HUT ke-74 RI merupakan komitmen bersama BUMN untuk memberikan manfaat positif.

"Serta mengajak masyarakat untuk turut serta meningkatkan semangat cinta Tanah Air, nasionalisme dan bela negara," kata Ririek.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Investasi Perum Jamkrindo, Rusdonobanu yang memberikan dukungan penuh atas kegiatan BHUN di Kaltara.

"Harapan kita adalah melalui kegiatan ini akan masyarakat akan merasakan manfaat atas keberadaan BUMN di daerahnya," katanya .

Usai pelaksanaan upacara, diserahkan secara simbolis bantuan program PKD antara lain elektrifikasi, penyediaan sarana air bersih dan MCK, bantuan renovasi rumah karyawan BUMN dan masyarakat, bantuan beasiswa serta bantuan untuk rumah ibadah hasil pelaksanaan pasar murah.

Di samping itu juga, diserahkan sertifikat bagi para peserta Siswa Mengenal Nusantara yang berasal dari Kepulauan Riau.

Telkom bersama Jamkrindo dan Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan elektrifikasi untuk 50 rumah, pembangunan Sarana Air Bersih di 3 titik dan 54 pintu MCK, program bantuan untuk 10 rumah karyawan BUMN dan Masyarakat dan 4.000 paket sembako pasar murah.

Selain itu, disalurkan juga bantuan beasiswa senilai total Rp125 juta untuk 25 siswa SD, SMP dan SMA.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat bersama yang dilaksanakan pada Minggu, 18 Agustus 2019 diikuti oleh 5.000 peseta yang merupakan perwakilan BUMN dan juga masyarakat Kaltara.

Baca juga: Deputi BUMN: Kegiatan BHUN harus berikan manfaat bagi masyarakat

Baca juga: Kementerian sebut program BHUN dapat dirasakan masyarakat

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019