Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang mengapresiasi kinerja pemerintah dalam mengambil alih saham 51 persen saham PT  Freeport.

Hal tersebut dikatakan Oesman dalam pidato sidang tahunan MPR, yang disebutnya sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan ekonomi berdikari.

"Diperlukan niat dan nyali yang besar untuk mewujudkan ekonomi berdikari sebagai kekuatan utama dalam membangun bangsa," ujar Oesman di Jakarta, Jumat.

Sejalan dengan itu, DPD RI juga berhasil memfasilitasi pertemuan antara Pemerintahan Daerah Provinsi Papua dengan PT Freeport terkait pembayaran pajak air permukaan.

"Ke depan, segala upaya kita dalam rangka membangun kedaulatan energi, kedaulatan pangan, hingga kedaulatan politik sebagai bangsa harus menjadi perhatian kita semua," ujar Oesman.

Sidang tahunan MPR RI tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Republik Indonesia keenam Try Sutrisno, dan Wakil Presiden Republik Indonesia kesembilan Hamzah Haz.

Selain itu, sidang tahunan MPR RI yang rutin dilakukan di Gedung DPR RI itu turut dihadiri pula oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin serta para pejabat negara lainnya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019