Bekasi, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengagendakan penghijauan di sekitar bantaran Kali Bekasi dengan menyediakan 10 ribu bibit pohon untuk ditanam.

"Kegiatannya kita agendakan berlangsung pada 15 hingga 26 Oktober 2014 melalui kegiatan bertajuk Festival Kali Bekasi," kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi Dadang Hidayat di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan bentuk aktivitas melestarikan lingkungan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi dengan melibatkan masyarakat.

"Ini sudah tahun kedua pelaksanaan kegiatan itu. Saya harap komitmen kita bersama dalam pelaksanaan Festival Kali Bekasi tahun ini sehingga lebih banyak lagi partisipasi masyarakat yang ikut menghijaukan Bekasi," katanya.

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan di antaranya menyusuri kali, membersihkan sampah di sekitar Kali Bekasi dan melakukan penghijauan di sepanjang wilayah yang dialiri Kali Bekasi.

Menurutnya, ada lima kecamatan yang dilintasi aliran kali tersebut, yaitu kecamatan Jatiasih, Rawalumbu, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, dan Bekasi Utara.

Untuk itu diharapkan peranan pimpinan wilayah seperti para camat dan lurah untuk mempersiapkan lahan penghijauan.

"Di sepanjang kali ini kita telusuri dan akan disiapkan lima titik wilayah yang akan ditanam untuk menghijaukan daerah Kali Bekasi. Kita akan menanam pohon bambu dan pohon Jabon," katanya.*

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014