Bogor, (Antaranews Bogor) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Sektretariat Daerah Kota Bogor Jawa Barat menerima 1.480 berkas lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2014.

"Yang mendaftar secara online sebanyak 1.480 orang, dan berkas yang sudah kita terima melalui pos sebanyak 1.251 berkas," kata Kepala BKPP Kota Bogor, Dwi Rohman Pudjo kepada Antara di Bogor, Kamis.

Ia mengatakan, dari 1.480 pelamar CPNS formasi 2014 masih terdapat 229 pelamar yang belum mengirimkan berkasnya kepada pihak BKPP Kota Bogor.

Menurut dia kemungkinan 229 pelamar yang sudah mendaftar secara online belum mengirimkan berkas karena disebabkan beberapa hal diantaranya pendaftaran telah ditutup 30 September, dan bisa juga dikarenakan tidak mengirimkan berkas.

"Tapi kita masih menunggu, berkas yang sudah terkirim di pos per 30 September cap pos masih kita terima sampai hari ini," katanya.

Dwi mengatakan, saat ini BKPP telah melakukan seleksi berkas-berkas CPNS yang dikirimkan oleh calon pelamar. Dari 1.251 berkas yang telah diseleksi sebanyak 195 berkas dinyatakan gugur.

Menurut Dwi, 195 berkas tersebut tidak memenuhi syarat sehingga tidak lolos seleksi administrasi.

Sejumlah berkas tersebut tidak memenuhi syarat diantaranya, umur melewati batas, tidak sesuai formasi yang dipilih dengan jenjang pendidikan, serta ijazah yang tidak sesuai karena banyak yang mengirimkan surat kelulusan dan ijazah tanpa legalisir.

"Bagi pelamar yang tidak lulus administrasi kita mengirimkan pemberitahuan balasan melalui pos bahwa berkasnya tidak memenuhi persyaratan," kata Dwi.

Secara teknis Kasubid Formasi Penerimaan Pegawai BKPP Kota Bogor, Hidayatullah menjelaskan, seleksi penerimaan CPNS secara online cukup membantu dalam membuat proses pendaftaran menjadi tertib.

Selain itu, jumlah pelamar yang mendaftar juga tidak terlalu banyak, karena satu orang hanya boleh melamar di satu instansi.

"Maka itu jumlah pelamar CPNS tidak seperti dua tahun lalu dari 100 formasi yang melamar sampai 4.000. Dengan sistem online ini, setiap pelamar hanya boleh melamar di satu instansi, jadi lebih tertib administrasi," kata Hidayat.

Hidayat mengatakan, pengumuman seleksi administrasi akan disampaikan pada 7 Oktober mendatang. Setelah diumumkan BKPP akan menyiapkan jadwal pelaksanaan tes CPNS maupun CAT (Computer Assiten Test) untuk seluruh pelamar.

"Kami akan berkoordinasi dengan BKN untuk memastikan kapan jadwal tes tertulis dan CAT akan dilaksanakan untuk Kota Bogor," kata Hidayat.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014