Karawang, (Antaranews Bogor) - Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana siap memperhatikan dan mengembangkan seni dan budaya khas Sunda Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Potensi seni dan budaya ini sangat besar. Saya berkomitmen, mulai hari ini akan mengembangkan bidang seni dan budaya," katanya, usai kegiatan "Ngaruwat" Gunung Sanggabuana, di Karawang, Sabtu.

Ia menilai, berbagai jenis kegiatan seni dan budaya yang digelar sejumlah elemen masyarakat cukup memicu Pemkab Karawang untuk terus mengembangkan seni dan budaya Sunda khas Karawang.

Dengan komitmen yang muncul dari dalam diri, kata Cellica, maka ke depannya akan ada keberpihakan lebih terhadap seni dan budaya.

"Paling tidak nantinya terkait dengan urusan kebijakan dan anggaran yang dikeluarkan pemerintah daerah, bisa lebih berpihak ke bidang seni dan budaya," kata dia.

Sementara itu, Ketua LSM Lodaya Karawang Nace Permana menegaskan saat ini perhatian Pemkab Karawang terhadap seni dan budaya masih cukup minim.

Hal tersebut dilihat dari terbatasnya anggaran dan kebijakan terkait dengan bidang seni dan budaya. Akibatnya saat ini sudah banyak jenis seni dan budaya Sunda khas Karawang yang hampir punah.

"Seperti tarian karuhun, topeng, seni pukul lesung dan lain-lain, itu sudah mulai penuh. Jadi kami juga berharap agar berbagai pihak menjaga kelestarian sejumlah seni dan budaya Sunda khas Karawang," kata Nace.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014