DPD PKS Kota Depok, Jawa Barat, menyelenggarakan Pelatihan Praktis Pemulasaran Jenazah COVID-19, dengan narasumber dari Tim Pemulasaran Jenazah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

"Peserta pelatihan merupakan kader-kader PKS dari kepanduan dan santika tiap kecamatan yang akan dipersiapkan sebagai bagian dari tim relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkot Depok, khususnya dalam penanganan proses Pemulasaran Jenazah COVID-19," kata Ketua DPD PKS Depok Moh. Hafid Nasir di Depok, Jumat.

Baca juga: Tim Khusus Polda Metro bantu pemakaman jenazah terpapar COVID-19
Baca juga: Polres Sukabumi Kota siapkan personel bantu pemakaman pasien COVID-19

Hafid mengatakan materi pelatihan memberikan wawasan tentang virus Corona dan penyebarannya, peraturan perundangan, sampai Fatwa MUI peserta juga dibimbing praktik dan contoh penanganan jenazah yang terindikasi COVID-19 dari mulai pascadinyatakan meninggal, strelisasi tempat, pengkafani, memasukkan ke dalam peti, menyolatkan, penguburan sampai strelisasi kembali pascapenguburan.

"Peran apapun yang akan diberikan oleh Pemkot dan satgas COVID-19 kepada relawan PKS, mereka akan siap dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi terbaiknya. Kader PKS siap berkhidmat di kondisi apapun dan kapanpun dibutuhkan," tuturnya.

Baca juga: PMI memberi edukasi agar tak ada penolakan jenazah COVID-19
Baca juga: Depok sosialisasi terkait protokol pemakaman jenazah COVID-19 atasi penolakan

Untukl itu, kata Hafid pihaknya juga mengirim sejumlah relawan untuk diperbantukan sebagai bagian tim relawan Gugus Tugas Pemkot Depok khususnya penanganan pemulasaran jenazah, dan dalam pelaksanaannya di bawah koordinasi dinas kesehatan Kota Depok.

Hafid mengatakan untuk selanjutnya seluruh relawan akan bertugas di wilayah kecamatan masing-masing dan akan berkoordinasi dengan sekcam sebagai ketua satgas COVID-19 tingkat kecamatan.

"Jumlah relawan sebanyak 29 orang.Terdiri dari 14 orang tim pemulasaraan jenazah dan 15 orang tim pengantaran jenazah," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020