Bogor, (Antaranews Bogor) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar "Geliat Seni Rupa Bogor 2014" yang menampilkan sejumlah karya seni dari puluhan seniman, baik pelukis maupun perupa lainnya.

"Geliat Seni Rupa Bogor 2014 ini berlangsung selama sepekan, resmi dibuka oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Senin malam, 1 September," kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor R Susilowati di Bogor, Selasa.

Susi mengatakan, kegiatan Geliat Seni Rupa Bogor 2014 merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, yang kali ini merupakan yang kelima kali.

Penyelenggaraan Geliat Seni Rupa Bogor kali ini berbeda dari sebelumnya karena diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bogor, yakni Mall Botani Square.

"Ini bagian dari upaya pemerintah daerah dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Kota Bogor. Kami memberi ruang kepada seniman untuk berkarya dan berkreativitas, serta mempromosikan potensi seni dan budaya yang kita miliki," kata Susi.

Wali Kota Bogor Bima Arya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Geliat Seni Rupa Bogor 2014 yang menampilkan sejumlah lukisan dan karya seni rupa lainnya dari para seniman kenamaan dari Bogor.

Menurut Wali Kota hadirnya Geliat Seni Rupa Bogor 2014 di salah satu mall, sebagai bentuk keragaman, dimana lukisan akan berbaur dengan budaya kontemporer yang ada di Mal Botani Square tersebut.

"Selama yang saya ketahui, ini baru pertama kali di Bogor ada galeri seni rupa di mall. Ini bagian dari keberagaman di Kota Bogor, kita bisa menikmati seni lukis di tengah-tengah budaya kontemporer saat ini," katanya.

Bima mengharapkan, kegiatan serupa terus terlaksana, kerja sama antara seniman, budayawan, pemerintah daerah serta pihak swasta dapat membangkitkan nilai-nilai seni dan budaya dalam setiap diri warga Kota Bogor.

"Karena hidup tanpa seni dan budaya akan terasa hampa, manusia tanpa seni dan budaya akan menjadi hambar," kata Bima.

Ketua Panitia Geliat Seni Rupa Bogor 2014 Yana W.S mengatakan, pameran itu merupakan suatu gejolak tumbuh kembangnya aktivitas keseni rupaan yang terjadi di Bogor.

Pameran tersebut melibatkan 34 perupa, tiga diantaranya perupa tamu berasal dari Jakarta dan Tasikmalaya, sebagai karya pembanding yang diharapkan terjalin hubungan antarseniman dan pemerintah daerah dalam bidang terkait.

"Pameran seni rupa memerlukan ruang yang representatif dan terintegrasi. Karena perkembangan seni rupa di tingkat nasional kian progresif dengan harapan berpengaruh pada pertumbuhan seni rupa Bogor, sehingga makna geliat mampu menjadi dinamika dan kemandirian," katanya.

Kehadiran Pameran Geliat Seni Rupa Bogor 2014 di Mall Botani Square menarik minat pengunjung yang datang, dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil dokumentasi pribadi.

"Senang aja bisa liat lukisan dan seni rupa di mall, jadi ada pilihan menarik untuk datang ke mall selain berbelanja bisa menikmati kesenian dan kebudayaan yang kita miliki," ujar Fadhila salah satu pengunjung.

Sejumlah lukisan yang terpampang di Pameran Geliat Seni Rupa Bogor 2014 diantaranya Ibrahim Basalmah, pelukis sketsa tercepat Toto BS, Adenan, Koko Kosasih, Lukman Basalmah dan lainnya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014