Karawang, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan melakukan pemusatan lokasi pedagang kaki lima karena selama ini mereka berdagang di sembarang tempat.

"Pemusatan lokasi PKL (pedagang kaki lima) itu dilakukan agar Karawang lebih tertib dari keberadaan PKL yang selama ini berada sembarangan," kata Sekretaris Daerah Pemkab Karawang Teddy Rusfendi Sutisna, di Karawang, Jumat.

Dikatakannya, saat ini pemerintah daerah setempat masih melakukan kajian, khususnya terkait dengan lokasi yang akan digunakan sebagai pemusatan PKL.

Kriteria lokasi pemusatan PKL tersebut, kata dia, akan diusahakan di tempat ramai sehingga PKL tetap mendapat keuntungan, meski pindah ke lokasi pemusatan PKL.

Terkait dengan persiapan rencana pemusatan PKL, kata dia, Pemkab Karawang telah melakukan membentuk tim yang terdiri atas berbagai organisasi perangkat daerah, instansi terkait serta Asosiasi PKL Karawang.

"Untuk sementara ini, calon lokasi pemusatan PKL akan menggunakan sejumlah titik lahan milik PT Kereta Api Indonesia di wilayah Karawang," kata Teddy.

Pemusatan PKL tersebut nantinya akan menampung para PKL yang kini berada di wilayah Rengasdengklok, Cikampek, serta sejumlah titik PKL di wilayah perkotaan.

"Penataan PKL ini juga bagian dari upaya Pemkab Karawang untuk meraih Adipura dalam beberapa tahun ke depan," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014