Bogor, (Antaranews Bogor) - Memperingati HUT ke-47 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan penghargaan kepada sejumlah peneliti dan pegawainya yang diharapkan memperkuat upaya lembaga tersebut dalam meningkatkan pemanfaatan hasil-hasil riset untuk khalayak luas.

"Peringatan HUT ke-47 LIPI hendaknya menjadi momentum penting untuk melakukan refleksi dan mengambil semua hikmah dan manfaat yang diperoleh guna terus memperbaiki serta meningkatkan prestasi LIPI di semua aspek," kata Kepala LIPI Prof Dr Lukman Hakim, M.Sc dalam kata sambutannya pada acara peringatan HUT ke-47 LIPI di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Prof Lukman mengatakan, dengan refleksi dalam semua aspek yang dilakukan dapat mewujudkan keinginan LIPI sebagai salah satu lembaga riset berkelas dunia.

Memasuki usia ke-47 lanjut Prof Lukman, LIPI telah menginisiasi upaya-upaya perubahan ke arah pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik melalui reformasi birokrasi yang sudah dilakukan sejak empat tahun lalu.

"Upaya serius ini kemudian telah direkognisi Pemerintah melalui Kementerian PAN dan) pada awal tahun 2012 dengan diturunkannya dana tunjangan kinerja bagi seluruh PNS di lingkungan LIPI," ujar Prof Lukman.

Kebijakan reformasi birokrasi di seluruh lingkungan kerja LIPI, lanjut Prof Lukman tetap difokuskan pada pembentukan dan penyempurnaan berbagai regulasi, kebijakan dan praktik manajemen dalam upaya menyelenggarakan tata kelola dan tata laksana organisasi riset yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

LIPI telah berhasil menyempurnakan data dan menata satuan kerja setingkat eselon II guna membentuk struktur organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran serta untuk menghindari adanya proses tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan antar satuan kerja di seluruh lingkungan LIPI, ujar Prof Lukman.

Selain itu, guna mengantisipasi dinamika perubahan dan tantangan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, ujar Prof Lukman, di satu pihak dan meningkatnya kapasitas sumber daya manusia dan litbang LIPI di lain pihak, LIPI juga telah meningkatkan status beberapa satuan kerja setingkat eselon III menjadi satuan setingkat eselon II.

Prof Lukman menambahkan, para era ekonomi berbasis pengetahuan seperti saat ini, mesin pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada kapitalisasi hasil penemuan menjadi produk-produk inovatif.

"Saya harapkan LIPI secara terus menerus meningkatkan kualitas pengetahuan para peneliti, mendorong kreativitas dan meningkatkan nilai invensi serta penemuan yang diintegrasikan dengan faktor-faktor yang mendukung terjadinya inovasi bernilai ekonomi," kata Prof Lukman.

LIPI juga diharapkan kembali menjadi "center of excellence" baik dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan maupun dalam menyediakan solusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Prof Lukman menambahkan.

Peringatan HUT ke-47 LIPI disisi serangkaian kegiatan diantaranya penyerahan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dan Satyalancana Pembangunan, penyerahan Inventor Award 2014, penyerahan sertifikat ISO 9001:2008, dan penandatanganan MoU dengan rekanan LIPI serta peluncuran Sistem Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014