Bekasi (Antaranews Bogor) - Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, memperketat akses masuk kendaraan ke arah DKI Jakarta selama malam takbiran berlangsung, Minggu malam.

"Sejumlah kendaraan yang tidak memenuhi kriteria kelayakan jalan akan kami tertibkan demi menjaga kondusivitas perayaan Idul Fitri dan malam takbiran," kata Kasubag Humas Polresta Bekasi Kota, AKP Siswo di Bekasi.

Menurut dia, akses masuk ke arah Jakarta yang menjadi fokus utama pengawasan pihaknya adalah sejumlah pintu tol yang mengarah ke dalam Kota Jakarta.

"Upaya ini adalah tindak lanjut atas instruksi larangan warga melakukan pawai malam takbiran ke jalan raya," katanya.

Pantauan di pintu tol Bekasi Barat I Jalan Ahmad Yani, Bekasi Barat, melaporkan sejumlah aparat kepolisian menyetop sejumlah mobil kap terbuka yang mengangkut sejumlah penumpang arah Jakarta.

Petugas dengan sigap melarang pengemudi melintas dan meminta mereka memutar balik kendaraannya dengan alasan keamanan.

"Apabila kegiatan pawainya sudah membahayakan, kami akan tetap mengambil tindakan tegas, dan diarahkan untuk pulang," kata Siswo.

Menurut dia, pengawasan serupa juga dilakukan pihaknya di area perbatasan Kota Bekasi-Jakarta, di antaranya simpang Pasar Sumber Artha, Jalan Sultan Agung, dan Jalan I Gusti Ngurah Rai.

"Setiap akses menuju Jakarta kita perketat. Kami perintahkan putar balik kepada supir mobil bak yang membawa massa pawai keliling," katanya.

Menurut Siswo, Indonesia merupakan wilayah dengan penduduk yang heterogen, sehingga tidak semua merayakan Idul Fitri.

"Maka harus diatur sebaik mungkin agar saudara-saudara kita yang tidak merayakan pun tidak terganggu. Selain itu, pawai keliling rentan kecelakaan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014