Depok, 13/2 (ANTARA) - Universitas Indonesia menyiapkan jurnal online untuk para mahasiswa yang ingin menyelesaikan skripsi sarjananya.

"Kami akan coba di jurnal online kalau hanya menulis ringkasan dari skripsi yang dibuat sendiri sebanyak lima sampai sepuluh halaman tidak masalah," kata Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Soemantri usai bertemu dengan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail di Balai Kota Depok, Senin.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui sebuah surat edaran yang terbit pada tanggal 27 Januari 2012 mewajibkan publikasi karya ilmiah mahasiswa di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan.

"Kebijakan ini berlaku bagi mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang lulus setelah Agustus 2012," ujarnya.

Menurut dia terbatasnya media untuk mempublikasikan karya ilmiah untuk syarat kelulusan sebenarnya bisa diatasi dengan penggunaan jurnal online di masing-masing perguruan tinggi.

Dikatakan Gumilar, pada dasarnya surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus dilihat dengan kacamata positif.

"Publikasi karya ilmiah berupa skripsi atau tugas akhir lainnya merupakan salah satu cara untuk mengurangi plagiat," katanya menegaskan.

Di samping itu, kata dia, publikasi dapat meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah sehingga mendorong tradisi tulis di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa tradisi bangsa Indonesia cenderung memiliki tradisi oral atau berbicara dari pada menulis.

Lebih lanjut da mengatakan terdapat masalah yang harus dihadapi bersama ketika menjadikan publikasi jurnal ilmiah menjadi syarat kelulusan. Masalah tersebut di antaranya terbatasnya media khususnya cetak dalam mempublikasikan jurnal ilmiah.

"Setiap tahunnya UI meluluskan 5.000 sampai 6.000 mahasiswa," katanya.

Ia menjelaskan bahwa media jurnal online merupakan peluang yang bisa diupayakan untuk mempublikasikan karya ilmiah tersebut. Saat ini, kata Gumilar, perguruan tingginya sudah mempersiapkan segmen atau bagian yang dialokasikan untuk jurnal online di website UI.

"Sebelum lulus mahasiswa sudah dapat buat ringkasan dari skripsinya untuk di-'upload' di jurnal on line UI," katanya menjelaskan.

Ia berharap para dosen pembimbing benar-benar memberikan bimbingan kepada mahasiswanya yang mengerjakan skripsi. Hal itu karena saat mahasiswa mengunggah jurnal, akan diketahui siapa pembimbingnya.

"Kredibiltas dosen pembimbing akan dipertanyakan jika karya tulis mahasiswanya kurang berkualitas," katanya.
 

Feru L

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012