Bogor (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, bersama Komunitas Peduli Ciliwung kembali menggelar "Lomba Mulung Sampah Ciliwung" diikuti 3.000-an warga dari 13 kelurahan dalam rangka Hari Jadi ke-532 Bogor yang dilaksanakan Sabtu (31/5) besok.

"Lomba Mulung Sampah Ciliwung kali ini memasuki tahun ke-6 dalam rangka Hari Jadi Bogor. Targetnya 3.000 warga akan turun ke sungai untuk mengangkat 3.000 karung sampah Ciliwung," ujar Een Irawan Putra selaku Ketua Komunitas Peduli Ciliwung (KCP) Bogor, di Bogor, Jumat.

Een mengatakan, selama lima kali penyelenggaraan lomba mulung telah diikuti 6.136 warga di 13 kelurahan di Kota Bogor. Mereka telah mengangkat sebanyak 9.346 karung sampah anorganik dari Sungai Ciliwung.

Dia menjelaskan, Lomba Mulung Sampah Ciliwung telah dimulai sejak tahun 2012 diprakarsai oleh Ketua KCP Bogor, almarhum Hapsoro. Berkat perjuangan anggota KCP, lomba tersebut telah resmi menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor.

"Perlombaan tersebut memperebutkan piala bergilir, "Ciliwung Bersih" dari Wali Kota Bogor dan sejumlah hadiah menarik lainnya dari Komunitas Peduli Ciliwung dan lembaga pendukung," ujarnya.

Adapun 13 kelurahan yang akan ikut serta dalam kegiatan perlombaan tersebut diantaranya, Kelurahan Katulampa, Kelurahan Tajur, Kelurahan Sindang Rasa, Kelurahan Babakan Pasar, Kelurahan Baranangsiang, Kelurahan Sempur, Kelurahan Bantarjati, Kelurahan Kedung Badak, Kelurahan Cibuluh, Kelurahan Kedung Halang, Kelurahan Sukaresmi, Kelurahan Tanah Sareal dan Kelurahan Sukasari.

"Ke-13 kelurahan ini adalah kelurahan yang dialiri aliran Sungai Ciliwung yang ada di Kota Bogor," ujar Een.

Een menambahkan, Lomba Mulung Sampah Ciliwung ke-6 ini rencananya akan dihadiri Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Ketua Gerakan Ciliwung Bersih, Erna Witoelar, dan Miss Earth Indonesia, Nita Sogiani.

Dalam perlombaan tersebut, Wali Kota Bima Arya akan melepas peserta lomba turun ke sungai. Setelah pelepasan para relawan, wali kota akan mengunjungi beberapa kelurahan yang ikut dalam kegiatan Lomba Mulung Sampah Ciliwung.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014