Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor memamerkan pengelolaan teknologi informatika (IT) yang dilakukan hingga pelosok desa kepada para siswa SMK Golden Rancabungur saat kunjungan ke Kantor Diskominfo di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/2).

"Terbangunnya managemen IT di Kabupaten Bogor menjadi sarana untuk menyebarluaskan informasi mengenai laporan kinerja, program dan kegiatan mulai dari tingkat Kabupaten Bogor, kecamatan hingga desa dan kelurahan," ujar Kabid Egoverment Diskominfo Kabupaten Bogor, Ernaningsih.

Menurutnya, optimalisasi pengelolaan IT di Kabupaten Bogor berupa pengembangan jaringan internet dan website ke 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor, 19 kelurahan, 416 desa, 20.163 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta 828 lembaga pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Baca juga: Diskominfo Bogor menerima penghargaan "Best Sapawarga Administor"
Baca juga: Pemkab Rejang Lebong belajar digitalisasi informasi ke Diskominfo Bogor

Ia mengatakan, pemanfaatan internet dan website hingga ke pelosok desa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan kinerja seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

"Di era teknologi seluruh masyarakat harus menguasai teknologi informasi. Tentunya tidak hanya dapat meningkatkan pembangunan Pemkab Bogor, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur wanita yang akrab disapa Erna itu.

Kabid informasi dan komunikasi publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Bogor, Yunita Mustika Putri menyebutkan bahwa adanya website kecamatan hingga desa berfungsi untuk transparansi penggunaan anggaran baik APBD maupun non-APBD.

“Tujuannya dalam rangka pengendalian, memantau dan memonitoring setiap pengadaan dan kegiatan yang dilakukan Pemerintah,” kata Yunita.

Baca juga: Pemkab Garut sambangi Diskominfo Bogor belajar kelola informasi
Baca juga: Diskominfo Bogor minta PPID mendukung keterbukaan informasi publik

Sementara itu, guru ilmu komputer dan jaringan SMK Golden Rancabungur, Khairul menyebutkan bahwa kunjungannya bersama para siswa ke Diskominfo Kabupaten Bogor untuk menibgkatkan kesiapan dan pembekalan para siswa.

“Kami pilih Diskominfo karena sesuai dengan program dan keahlian SMK Golden Rancabungur, yakni teknik komputer dan jaringan. Alhamdulilah melalui kegiatan ini kita memperoleh tambahan ilmu pengetahuan," ucap Khairul.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020