Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sigi mendistribusikan ratusan paket bantuan berupa perlengkapan rumah tangga (family kit) untuk korban bencana gempa bumi dan likuifaksi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Kamis.

"Pendistribusian bantuan tahap kedua untuk korban bencana yang mendiami hunian sementara (huntara) di Desa Sidera, Kecamatan Sigiborumaru sebanyak 370 paket yang masing-masing kepala keluarga menerima satu paket bantuan," kata Koordinator Distribusi Bantuan Tahap II PMI Kabupaten Sigi, Putri Riza Shilvia di Sigi, Kamis.

Baca juga: PMI kembali distribusikan bantuan untuk korban bencana di Sigi

Sebelumnya, pihaknya juga sudah mendistribusikan bantuan serupa sebanyak 722 paket yang berisi perlengkapan makan, mandi serta peralatan mencuci dan lainnya. Bantuan yang diberikan kepada warga korban bencana gempa bumi dan likuifaksi ini sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apalagi pascabencana yang meluluhlantahkan permukiman warga mayoritas korban kehilangan perlengkapan rumah tangga dan harta bendanya sehingga, selain untuk meringankan penderitaan mereka adanya bantuan dari lembaga kemanusiaan ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: PMI salurkan paket bantuan untuk ratusan korban bencana di Sigi

Tidak hanya perlengkapan rumah tangga saja, PMI juga menyalurkan kelambu antinyamuk sebagai antisipasi terjadinya penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) atau penyakit lainnya yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk.

Pelayanan lainnya yang diberikan untuk korban bencana di Desa Sidera ini seperti sosialisasi layanan kesehatan dan lainnya. Meskipun saat pendistribusian family kit ini cuaca cukup terik dan harus melayani ratusan warga relawan PMI yang diterjunkan tetap semangat dan tidak mengeluh.

"Sebelum melakukan pendistribusian kami terlebih dahulu melakukan asessment dan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat maupun kepala desa setempat untuk menyesuaikan jumlah kebutuhan dan agar tepat sasaran," tambahnya.

Baca juga: PMI terjunkan personel dan peralatan bantu korban banjir Sigi

Sementara, Kepala Desa Sidera Almaswir mengatakan bantuan family kit tahap II untuk korban bencana gempa bumi dan likuifaksi ini untuk warga yang pada tahap I tidak kebagian. Bantuan ini tentunya penting bagi warganya karena, mayoritas pengungsi yang menghuni huntara kehilangan perlengkapan rumah tangga.

Selain itu, banyak diantara korban yang juga kehilangan mata pencahariannya sehingga, untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga menjadi terbatas. Dengan adanya bantuan ini tentunya sangat berarti dan pihaknya juga mengimbau agar dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019