Sebanyak 1.800 UMKM peserta Program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Juara akan diwisuda oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil (Emi) dalam  kegiatan Wisuda dan Pameran UMKM Juara yang digagas oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil  Jawa Barat pada 29 November-1 Desember 2019 di Kota Bandung.

"Insya Allah ada sekitar 1.800 UMKM Juara yang akan diwisuda dan juga akan ada 200 UMKM Juara mengisi stan di acara tersebut," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji di Kota Bandung, Rabu.

Kusmana menjelaskan Acara Wisuda dan Pameran UMKM Juara merupakan bagian dari tahapan program UMKM Juara yang merupakan salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil untuk mencapai Jabar Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi.

"Program ini bertujuan mendorong UMKM untuk tumbuh dan berkembang dalam skala kelas usaha," kata dia.

Baca juga: Kaum milenial di Sukabumi didorong manfaatkan peluang bisnis di daerah

Manfaat yang diperoleh UMKM dengan program ini, kata dia, adalah penguatan diri dan manajemen usaha untuk dapat naik kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi, akses pasar, akses permodalan melalui pendampingan dan pelatihan.

Dia mengatakan UMKM Juara adalah pelaku usaha yang sudah memiliki karakteristik entrepreneur ditandai dengan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan dalam menangani usaha dan kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Lebih lanjut ia mengatakan Program UMKM Juara  telah merekrut 2.500 UMKM di Jabar sejak awal 2019 dan mereka telah dibimbing dan didampingi menjadi UMKM yang lebih produktif.

Baca juga: Presiden meminta UMKM dilibatkan dalam proyek infrastruktur

Fasilitas yang diberikan adalah pendampingan dan pelatihan oleh tenaga ahli elama enam bulan, temu bisnis, gelar produk, benchmarking bagi UMKM yang progresnya meningkat selama pendampingan.

Untuk promosi dan akses pasar, peserta UMKM Juara telah mengikuti pameran yakni Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara yang digelar di 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat.

Selain itu, pameran dalam negeri telah dilaksanakan di Riau, Jawa Timur, Jakarta, Medan, Bali, Kendari, Batam. Sedangkan untuk pameran luar negeri akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2019.

Baca juga: Presiden sebutkan pemberdayaan UMKM masih monoton

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut akhirnya pada akhir November 2019 ini sebanyak 1.800 UMKM Juara akan diwisuda dan menggelar produknya pada Pameran UMKM Juara pada  29-30 November 2019 hingga 1 Desember 2019 di Hotel Harris Convention Festival Citilink Jalan Pelajar Pejuang Bandung.

Rencananya wisuda dan pembukaan pameran UMKM Juara akan dibuka Menteri KUKM Teten Masduki dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Acara tersebut akan dimeriahkan berbagai kegiatan seperti penghargaan UMKM Juara, temu bisnis, kelas spesial UMKM Juara, pameran 200 tenant UMKM Juara, talkshow dan workshop, peragaan busana, pertunjukan seni yakni menampikan Java Jive.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019