Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengingatkan agar kawasan pantai tidak terlalu dieksploitasi secara berlebihan agar kondisi lingkungan tetap terjaga dan tidak terjadi abrasi hebat.

"Eksploitasi ekonominya jangan terlalu berlebihan," katanya saat meninjau abrasi yang terjadi di wilayah pantai utara Cemarajaya, Kabupaten Karawang, Selasa.

Baca juga: Anggota DPR Dedi Mulyadi ajak KKP tangani abrasi pantai utara Karawang

Ia mengatakan kawasan pantai seharusnya tidak selalu dieksploitasi untuk tambak ikan dan lain-lain karena ada aspek yang harus dijaga.

Saat ini, abrasi di wilayah pesisir utara Cemarajaya Karawang terbilang cukup parah. Informasi yang berhasil dihimpun, kondisi itu sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu.

Untuk itu, ia akan mendorong pemerintah pusat untuk turun tangan menangani abrasi yang terjadi di wilayah pesisir utara Karawang.

Baca juga: Pemkab Karawang tidak punya anggaran untuk penanganan abrasi

Dedi mengaku akan membahas penanganan abrasi di Komisi IV DPR RI serta di Badan Anggaran DPR agar ada dukungan anggaran dari APBN untuk menangani masalah abrasi itu.

Salah satunya adalah dengan membuat sabuk pantai untuk mengurangi abrasi seperti usulan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ketua DPD Golkar Jabar ini juga akan melakukan gerakan penanaman berbagai pohon di wilayah pesisir utara Karawang, utamanya ialah tanaman mangrove, agar ada penghijauan di wilayah pesisir.

Baca juga: Waduh, 40 Persen Pantai Karawang Rusak Akibat Abrasi

Untuk mengatasi eksploitasi yang berlebihan di kawasan pantai, ke depan, ia juga mengharapkan adanya inisiatif Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat zona-zona.

"Perlu ada zona yang dari sisi ekosistem harus dipertahankan, zona tanaman mangrove, garis pantai, zona bisnis, dan lain-lain," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019