Jakarta (Antaranews Bogor) - Calon anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera untuk DPRD Provinsi Jawa Tengah Eman Pramono memberikan bantuan indukan burung kenari (Serinus canaria) kepada warga masyarakat di Kabupaten Kudus.

"Itu adalah bagian dari program Optimalisasi Jejaring Ekonomi Keluarga (OJEK) yang kami kembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat kecil," kata Caleg PKS DPRD Provinsi Jateng Dapil 2 (Jepara, Kudus, Demak) melalui surat elektronik yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bekerja sama dengan Tri Sutanto, caleg DPRD Kabupaten Kudus, program OJEK itu dilaksanakan di Desa Cendono Kecamatan Bae.

Program OJEK yang dilaksanakan itu dilakukan dengan memberikan indukan burung kenari kepada beberapa warga miskin di sekitar Kecamatan Bae untuk dapat dibudidayakan.

Menurut dia untuk meningkatkan perekonomian masyarakat akan lebih efektif jika dimulai dengan peningkatan perekonomian keluarga.

"Dengan ekonomi keluarga yang semakin baik diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian yang lebih luas," katanya.

Pramono menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan memang tidak seberapa nilainya.

Namun harapannya akan dapat dikembangkan untuk membantu perekonomian keluarga.

Ia menjelaskan bahwa berbeda dengan di Kabupaten Jepara yang memberikan induk ayam kampung betina, kegiatan yang dilaksanakan di Kudus memberikan indukan burung kenari kepada warga miskin itu.

Program peningkatan ekonomi masyarakat kecil ini, akan terus dikembangkan dan dilaksanakan.

Meski tidak bisa secara serentak karena keterbatasan anggaran, kata dia, namun program pemberdayaan ini akan dijalankan secara bertahap dan berkesinambungan.

Dengan program pemberdayaan ekonomi, katanya, diharapkan masyarakat kecil akan mempunyai sumber pendapatan lain di samping dari pekerjaan tetap mereka.

"Terutama bagi mereka yang bermata pencaharian yang tidak tetap hasilnya, seperti petani, nelayan atau buruh borongan," katanya.

"Sehingga ketika pekerjaan yang rutin dilakukan tidak memberikan hasil yang mencukupi, maka program OJEK ini diharapkan akan membantu perekonomian keluarga mereka," katanya. 

Pewarta: Andy Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014