Bupati Bogor Jawa Barat, Ade Yasin melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) membagikan 500 sertifikat tanah kepada para pegiat UMKM Kabupaten Bogor untuk memuluskan bisnis UMKM.

“Saya ini kan sudah ditunjuk menjadi grand ambassador UMKM, makanya saya memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan potensi UMKM Kabupaten Bogor menjadi lebih maju dan mandiri," ujarnya kepada Antara di Cibinong, Bogor, Rabu.

Baca juga: Kabupaten Bogor segera menerapkan Smart City

Ia sengaja membagikan 500 sertifikat itu bertepatan dengan kegiatan Gebyar Temu 1001 UMKM dan festival makanan berbahan dasar singkong di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Selasa (5/11/2019), sekaligus memotivasi para pengusaha UMKM dalam berbisnis.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu optimis pelaku UMKM di Kabupaten Bogor bakal maju, sehingga berpotensi menyerap banyak tenaga kerja.

"Untuk memajukan atau menyukseskan para pelaku UMKM, Pemkab Bogor bekerja sama dengan Alfamart agar produk-produk UMKM bisa dijual di gerai mereka, kami harap minimarket modern lainnya mengikuti jejak Alfamart," kata Ade Yasin.

Baca juga: Pilkades Serentak di Kabupaten Bogor berlangsung kondusif

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Arman Jaya mengatakan, sertifikat tanah yang diberikan kepada pelaku UMKM itu, agar dengan modal sertifikat mereka bisa mengajukan pinjaman ke bank.

"Pemkab Bogor juga memberikan bantuan alat kerja pelaku UMKM yang ada di tiga desa, yakni di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua serta Desa Kuripan, Kecamatan Ciseeng,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bogor menyepakati ekspor produk senilai Rp10,9 miliar ke Rusia

Selain itu, khusus mendukung ajang Piala Dunua U-20, Arman menjelaskan, jajarannya siap membantu memasarkan produk UMKM, utamanya makanan dari bahan baku singkong.

"Olahan makanan dari bahan baku singkong ini akan menjadi ikon baru Kabupaten Bogor dan siap 'dijual' di ajag World Cup U - 20 pada tahun,” tutur Arman.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019