Bogor (Antaranews Bogor) - Sebanyak 1.500 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2013-2018 di Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Senin.

"Personel kita kerahkan 1.500 orang, terdiri dari anggota Polres, TNI, DLLAJ, Satpol PP, dan Bantuan Masyarakat," kata Kapolres Bogor AKBP Asep Safrudin di Bogor, Senin.

Ia menyebutkan pengamanan yang dilakukan mulai dari pengamanan internal untuk memastikan tamu yang hadir merupakan tamu undangan.

Pengamanan lainnya, pengaturan arus lalu lintas selama acara pelantikan berlangsung.

"Selama acara pelantikan, kita berlakukan penutupan jalur lambat Jalan Tegar Beriman," katanya.

Penutupan jalur lambat itu, katanya, dilakukan karena tempat itu disediakan untuk sarana parkir tamu undangan.

"Kami sudah menyosialisasikan adanya penutupan jalur lambat ini kepada masyarakat. Kami pun minta maaf atas ketidaknyamanan ini," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor T.B. Luthfi Syam mengatakan pihaknya mengundang 8.000 orang untuk hadir dalam pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor tersebut.

Undangan tersebut terdiri atas unsur Muspida, Muspika Kabupaten Bogor, perwakilan masyarakat dari kepala desa, camat, DPRD, dan seluruh relasi pemerintahan.

"Undangan kita sebar 8.000 undangan, tapi yang hadir melebihi kapasitas undangan. Ada tiga bus warga dari Leuwiliang masih tertahan karena tidak tertampung di dalam gedung," ujar Luthfi.

Ia mengatakan kapasitas gedung Tegar Beriman telah diatus untuk menampung 1.341 orang, sisanya disediakan tenda tambahan di luar gedung.

Panitia juga telah menyediakan televisi untuk menampilkan tayangan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor dari luar gedung.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, bisa melihat pelantikan bupati karena ditayangkan langsung di Televisi Tegar Beriman dan RRI," katanya.

Pelantikan Bupati Rachman Yasin dan Wakil Bupati Nurhayanti oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden.

Pelantikan juga dihadiri sejumlah tamu kenegaraan, seperti Mantan Wakil Presiden Hamza Haz, M.S. Kaban, Surya Darma Ali, anggota DPR RI dapil Kabupaten Bogor.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013