Pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah menjadi momentum semangat baru bagi Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat untuk terus melakukan pembangunan khususnya sumber daya manusia (SDM).

"Pergantian tahun ini tentunya harus dimaknai dengan meningkatkan kualitas khususnya dalam semangat membangun dalam peningkatan kualitas SDM," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, Tahun Baru Islam ini yang pertama merupakan Syiar Keislaman, maka dari itu Pemkot Sukabumi serta Forum Komunikas Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat sepakat merayakan Gebyar Muharam lebih meriah dibandingkan tahun lalu.

Sehingga tahun baru ini memberikan harapan dan semangat baru untuk pembangunan di wilayah Kota Sukabumi. Pembangunan tidak hanya bersifat fisik, tetapi saat ini pihaknya lebih fokus dalam membangun SDM agar lebih berkualitas.

Dikatakan, Tahun Baru Hijriyah ini pun dijadikan sebagai ajang evaluasi pihaknya dalam setiap menentukan kebijakan dan juga bisa memberikan pelayanan terhadap masyarakat lebih baik lagi.

"Banyak harapan di tahun baru ini khususnya Pemkot Sukabumi yang ingin terus memperbaiki setiap pelayanan kepada masyarakat baik di bidang kesejahteraan, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya," tambahnya.

Di sisi lain, Fahmi mengapresiasi kepada masyarakat Kota Sukabumi yang menyemarakkan pergantian Tahun Baru Islam. Ini dibuktikan hampir seluruh warga mulai dari tingkat RW, kelurahan, kecamatan hingga kota tumpah ruah turun ke jalan menyambut 1 Muharam 1441 Hijriyah.

Bahkan, saat pawai obor pun turut ditampilkan berbagai ikon kesenian dan kebudayaan Kota Sukabumi seperti permainan bola seuneu atau boles (bola api). Ini membuktikan bahwa pergantian Tahun Baru Islam sangat dimaknai oleh masyarakat.  

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019