Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerima bantuan videotron dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Perum LKBN Antara selaku pelaksana program agenda pemberitaan Kemenkominfo.

"Ini sangat baik karena informasi pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat," kata Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Rohim Sutisna, Sabtu.

Pemberian bantuan itu menyusul penandatangan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama terkait layanan penyebaran informasi publik antara keduanya saat Pertemuan Nasional Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia di Auditorium Adhiyana Wisma Antara, Jakarta pada 11-12 Juli 2019 yang dihadiri lebih dari 240 Kepala Diskominfo itu.

"Selain kita, ada empat daerah di Jawa Barat-Banten yang menerima bantuan serupa yakni Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Lebak," kata Rohim.

Dia menjelaskan, kerja sama ini akan memudahkan penyebaran informasi khususnya mengenai kemajuan pembangunan di Kabupaten Bekasi hingga ke luar negeri.

"Jadi tidak hanya masyarakat Kabupaten Bekasi saja yang dapat menerima informasi ini nantinya tapi juga warga Indonesia di daerah lain bahkan sampai luar negeri karena jaringan Kantor Antara ini luas hingga ke mancanegara," katanya.

Selain bantuan pemasangan media informasi outdoor berupa videotron, Kabupaten Bekasi juga akan menerima layanan penyampaian informasi indoor di sejumlah titik strategis yang banyak dikunjungi warga seperti RSUD, puskesmas, Dinas Dukcapil, dan stasiun.

"Porsi penyampaian informasinya 60 persen pusat dan 40 persen daerah," ucapnya.

Pihaknya mengaku akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu untuk menentukan tempat pemasangan media tersebut, setelah disepakati bersama dan izin lokasinya diterbitkan baru dilakukan pemasangan.

"Videotron Layar Indonesia ini adalah jawaban atas peningkatan pelayanan dan kualitas Kabupaten Bekasi," kata Rohim.

Sekretaris Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Beni Saputra mengatakan kerja sama pengelolaan media komunikasi publik ini menguntungkan pihaknya. Dengan melihat video dengan layar berukuran besar, warga dapat mengakses informasi seputar perkembangan Kabupaten Bekasi sembari beraktifitas saat berada di ruang publik.

"Segala konten yang berkaitan dengan Kabupaten Bekasi dapat tersosialisasi secara luas dengan adanya kerja sama ini. Banyak hal yang akan kami tonjolkan untuk ditayangkan seperti keunggulan tata kelola pemerintahan, demikian pula pembangunan infrastruktur, perkembangan budaya dan lainnya," kata Beni.

Tidak cukup sebatas menampilkan konten lokal Kabupaten Bekasi sebab melalui videotron ini pula pihaknya bisa memelajari keunggulan-keunggulan daerah lain di Indonesia.

"Akhirnya terjadi saling tukar informasi terkait keunggulan yang bisa saling diimplementasikan satu sama lain," katanya lagi.

Videotron Layar Indonesia akan menampilkan informasi, berita, serta konten-konten terkait Kabupaten Bekasi yang dimuat dalam aneka format mulai dari teks, foto, serta audio visual dengan porsi lebih banyak dibandingkan konten dari daerah lain.

Begitu pula sebaliknya, konten Kabupaten Bekasi juga akan turut disiarkan di titik pemasangan videotron lainnya yang kini telah hadir di sejumlah daerah lainnya.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019