Karawang (Antara) - Sebanyak 200 pelaku kuliner dipastikan akan meramaikan Festival Kuliner Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang digelar pada 2-3 November 2013.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karawang Diding Syarifudin mengatakan, Festival Kuliner yang akan digelar itu merupakan bagian dari komitmen PHRI Karawang dalam mempromosikan produk kuliner asli Karawang.

"Peserta Festival Kuliner itu nantinya akan dikategorikan, yakni pelaku kuliner PKL (pedagang kaki lima) dan pelaku kuliner yang sudah mempunyai nama besar," katanya, di Karawang, Kamis.

Dikatakannya, peserta Festival Kuliner tersebut juga tidak hanya makanan padat, tetapi ada pula peserta yang memasarkan produk makanan ringan selama Festival Kuliner tersebut berlangsung.

Ia berharap berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah Karawang bisa mendukung pelaksanaan Festival Kuliner tersebut. Sebab, kegiatan itu merupakan bagian dari promosi kuliner Karawang ke masyarakat luas.

Ketua Panitia Festival Kuliner PHRI Karawang David Freslie, mengatakan, selain mempromosikan kuliner khas Karawang, dalam kegiatan Festival Kuliner tersebut juga akan memperkenalkan seni khas Karawang.

Sebab, kata dia, kegiatan tersebut akan diselingi dengan berbagai pertunjukan kesenian khas Karawang, seperti tari jaipong, calung, dan lain-lain.

Atas hal itu pihaknya berharap dukungan sepenuhnya dari pemerintah daerah setempat yang dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang.

Penasihat PHRI Karawang Hermawan, berharap agar pelaksanaan Festival Kuliner PHRI Karawang yang baru digelar tahun ini bisa berjalan lancar dan dipersiapkan secara profesional.

Berbagai pengusaha dan asosiasi atau kelompok masyarakat, termasuk masyarakat dari kalangan buruh juga perlu diundang dalam kegiatan itu. Sebab, kegiatan itu adalah bagian dari promosi kuliner Karawang yang perlu diekspose ke masyarakat umum.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang Dadan Sugardan, mengaku mendukung sepenuhnya kegiatan Festival Kuliner PHRI Karawang.

Di antara upaya dukungan yang akan dilakukannya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang akan "ambil bagian" dalam kegiatan tersebut, dengan berpartisipasi menampilkan pertunjukan kesenian khas Karawang.

"Kegiatan ini (Festival Kuliner PHRI Karawang) saya kira penting untuk mengangkat nama Karawang, khususnya berkaitan dengan kekayaan kuliner yang ada di Karawang," kata dia.

Pewarta: Oleh M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013