Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim memperluas kerja sama dengan Pemerintah Kroasia, dengan menjajaki Sektor Pertanian, Perdagangan, dan Pariwisata.

Sebelumnya kerja sama telah dilakukan di Sektor Pendidikan dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Inveritas Lampung (Unila) dengan dua universitas di Kroasia.

"Hari ini kita menerima kunjungan Duta Besar Kroasia Untuk Indonesia Nebosja Koharovic dan rombongan dari Summer School Zagreb University dan VERN University. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama yang baik antara Provinsi Lampung dan Kroasia di bidang pendidikan. Saya berharap kerja sama ini bukan hanya sektor pendidikan, tetapi juga dapat meningkatkan kerja sama di bidang lainnya, seperti pertanian, perdagangan, dan pariwisata," ujar Wagub Chusnunia saat menerima kunjungan Duta Besar Kroasia, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Senin (24/6/2019).

Wagub minta momentum kunjungan itu dijadikan sebagai upaya meningkatkan kerjasama antara Provinsi Lampung dan Kroasia

"Ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa untuk melakukan kerjasama antara Pemprov Lampung dan Kroasia. Untuk itu, Pemprov Lampung sangat  mendukung kerjasama ini," jelas Wagub.

Chusnunia menjelaskan Provinsi Lampung memiliki beberapa hasil produksi yang diekspor ke beberapa negara, khususnya produksi di bidang pertanian. Tentunya berbagai hasil produksi lainnya juga akan diupayakan untuk dapat masuk ke Kroasia.

"Pemprov Lampung sangat men-support dan senang atas kerja sama ini. Sebab, Lampung memiliki hasil produksi pertanian yang diekspor ke beberapa negara, namun yang diekspor ke Kroasia hanya sedikit seperti Nanas Kaleng. Tentunya ekspor ini akan terus ditingkatkan, tidak hanya produksi dari perusahaan, tetapi juga produksi rumahan," jelas Wagub.

Selain pertanian dan perdagangan, Wagub juga menawarkan kerja sama di Sektor Pariwisata.

"Pariwisata menjadi salah satu point utama mengingat Lampung mempunyai potensi pariwisata yang luar biasa seperti pegunungan, daratan, pantai yang indah seperti Teluk Kiluan, Tegal Mas, Krakatau, Way Kambas, dan lainnya," ujar Chusnunia.

Sedangkan Kroasia, ujar Wagub, memiliki warga sekitar 4,5 juta yang dapat menjadi market pemasaran potensial.

Undangan melihat potensi Kroasia

Sementara itu, Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, Nebosja Koharovic, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang sudah menerima kunjungan kami.

"Terima kasih Bu Wagub Chusnunia yang telah menerima dan menyambut kunjungan kami di Provinsi Lampung," ujar Nebosja.

Nebosja mengungkapkan bahwa banyak bidang yang dapat dikerjasamakan, seperti dibidang pertanian, perdagangan, ekspor-impor, dan pariwisata.

"Dari pembahasan yang telah disampaikan, banyak sektor yang dapat dilakukan kerja sama, antara Provinsi Lampung dan Kroasia. Semoga kesempatan tersebut dapat dijadikan suatu kerja sama antara Provinsi Lampung dan Kroasia," harap Nebosja lagi.

Pada kesempatan itu, Nebosja juga mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk melihat potensi yang dimiliki Kroasia secara langsung. Sehingga dapat dilakukan kerja sama yang baik antara Provinsi Lampung dan Kroasia.

Turut hadir mendapingi Duta Besar Kroasia untuk Indonesia dari rombongan Zagreb University dan VERN University, di antaranya Ketua delegasi Prof Lidija Kos-Stanisic (Zagreb University), Dr Mirela Holy (VERN University). (RLs/Humas Provinsi Lampung/ANT-BPJ).

Pewarta: Oleh: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019