Bogor (Antara) - Guna mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur, Musyawarah Pimpinan Daerah Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar renungan suci di taman makam pahlawan (TMP) Dreded, Sabtu.

Upacara renungan suci yang dilaksanakan Sabtu dini hari ini dipimpin Wali Kota Bogor Diani Budiarto dengan inspektur upacara Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Letkol Inf Hendy Antariksa.

Hadir pula dalam upacara tahunan memperingati hari kemerdekaan RI ke-68 ini Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru`yat, Ketua DPRD Mufti Faoqi, dan jajaran Muspida Kota Bogor lainnya.

Dalam upacara tersebut digelar penghormatan selama kurang lebih 15 menit.

Selama 15 menit Muspida Kota Bogor menggelar renungan untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang memerdekakan bangsa ini dari penjajahan.

Usai renungan, dilanjutkan dengan penyalaan obor. Upacara juga diisi penyampaian kata sambutan oleh Dandim yang menyampaikan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan.

"Kita harus ingat bahwa berdirinya bangsa Indonesia tidak lepas dari jasa-jasa mereka yang telah wafat berjuang demi kemerdekaan negara kita," kata Dandim.

Dandim juga mengingatkan untuk selalu mengingat jasa pahlawan yang telah gugur berjuang membela kemerdekaan.

Sementara itu, di TMP Dreded tercatat pahlawan yang dikebumikan terdiri dari TNI 758 orang, Polri 68 orang, PNS 15 orang, pejuang rakyat 209 orang, dan pahlawan tidak dikenal 31 orang.

Apel kehormatan dan renungan suci ditutup dengan pembacaan doa. Upacara tersebut diikuti jajaran TNI dan Polri, Satpol PP, DLLAJ, Menwa, Korpri, Organisasi Kepemudaan, Pramuka, PMR/KSR, Paskibraka dan pelajar.

Peringatan HUT RI ke-68 tingkat Kota Bogor selanjutnya dilakukan dengan upacara menaikkan bendera merah putih di Lapangan Sempur.

Upacara ini diikuti oleh seluruh Muspida, pelajar, Polisi, TNI, masyarakat, partai politik, elemen masyarakat dan komponen masyarakat yang dipimpin oleh Wali Kota Bogor Diani Budiarto.


Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013