Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menerjunkan tim dari Unit Reaksi Cepat (URC) untuk membantu warga yang menjadi korban terdampak puting beliung di Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Tim URC yang dipimpin Kasi Kedaruratan sudah meluncur ke lokasi dari tadi pagi," kata Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya di Cikarang, Jumat.

BPBD Kabupaten Bekasi melakukan penanganan sementara terhadap korban terdampak dengan memberikan bantuan logistik seperti tikar, air mineral, makanan siap saji, family kit, serta peralatan makan.

"Kita juga membawa alat pemotong seperti gergaji mesin dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk membantu evakuasi di lokasi," ucapnya.

Sementara untuk bantuan lain, pihaknya mengaku akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Sosial, Baznas Kabupaten Bekasi, serta pihak terkait lainnya.

Diketahui, puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Desa Karangraharja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3) sore.

Dalam peristiwa itu, sedikitnya 176 rumah mengalami kerusakan. 20 rumah diketahui rusak berat, 26 rumah rusak sedang, sementara 130 rumah lainnya rusak ringan.

Rumah yang mengalami rusak berat rata-rata berupa rumah semi permanen. Angin yang menerjang membuat atap rumah beterbangan kemudian menyebabkan bangunan rumah ambruk.

Saat ini, pihak kepolisian dibantu aparatur desa setempat bersama warga tengah melakukan pengecekan serta evakuasi kerusakan yang diakibatkan musibah puting beliung tersebut.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019