Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok menggelar Acara Bicara Sehat : 'Saatnya Saya Peduli untuk Keluarga Bebas Tuberkulosis (TB)' dalam rangka peringatan Hari Tuberkolosis Sedunia 2019 yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2019,  kata Kepala Humas dan KIP UI, Dr. Rifelly Dewi Astuti, di kampus UI Depok, Selasa.

Mengingat pentingnya sosialisasi penyakit tuberkulosis, maka RSUI ingin turut ambil bagian dalam menuntaskan pertambahan kasus baru TB di Indonesia melalui diskusi ilmiah bersama para ahli guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan TB di tengah keluarga, ujarnya.

Salah satu catatan penting terkait penyakit TB, tercatat pada tahun 2017 terdapat 420.994 kasus baru TB Paru di Indonesia.

Diharapkan, upaya ini dapat mendorong terlaksananya Indonesia Bebas TB. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (26/3) di Ruang Edukasi Kesehatan, Community Health Centre, Gedung Administrasi Lantai 1 RSUI kampus Depok.

Hadir dua pembicara ahli untuk berbicara seputar TB yaitu dr. Irandi Putra Pratomo, Ph.D, Sp.P dan Dr. Astuti Yuni Nursasi, S.Kp. Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang berbagai organ, terutama paru-paru.

Penyakit ini bila tidak diobati atau pengobatannya tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berbahaya hingga kematian.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019