Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menargetkan satu desa memiliki satu unit mobil ambulans untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan pelayanan kesehatan.

"Saat ini Pemkab Purwakarta hanya memiliki 66 unit ambulans. Jumlah itu tidak cukup untuk mengcover kebutuhan masyarakat secara keseluruhan, jadi kami akan menambah unit ambulans," katanya, di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang difokuskan pemkab. Karena itu pihaknya secara bertahap akan menambah jumlah ambulans.

Targetnya, satu desa di Purwakarta terdapat satu unit ambulans, sehingga masyarakat tidak perlu repot saat membutuhkan ambulans. Itu juga bagian dari upaya pemkab untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Di Purwakarta sendiri terdapat 183 desa yang tersebar di 17 kecamatan. Dengan begitu, ke depan ditargetkan akan ada 183 unit ambulans yang tersebar di setiap desa.

Menurut dia, armada ambulans perlu ditambah hingga mencapai ratusan unit karena itu bagian dari pelayanan di bidang kesehatan yang masuk program prioritas pemkab.

Dikatakannya, pelayanan publik yang berkesinambungan dimulai dari moda transportasi hingga rumah sakit. Jadi setiap bentuk pelayanan publik sifatnya memudahkan masyarakat.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Purwakarta Rudi Hartono, sebelumnya menyampaikan kalau Pemkab Purwakarta masih kekurangan armada ambulans.

Saat ini ada baru 66 unit ambulans yang tersebar di desa dan puskesmas. Untuk ambulans yang siaga di desa baru 45 unit, sedangkan ambulans puskesmas 20 unit dan satu unit ambulans damkar.

Pada tahun ini Dinas Kesehatan Purwakarta telah mengusulkan anggaran sekitar Rp2,1 miliar untuk pengadaan tujuh unit ambulans baru.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019