Penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Pendidikan Tinggi Kedinasan (OPTK) se-Indonesia khususnya OPTK Polbangtan dilingkungan Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian merupakan momen yang sangat strategis dalam upaya untuk mewujudkankan SDM yang memiliki kemampuan adaptif,  informatif dan lainnya melalui pilar pendidikan pertanian.

Polbangtan Bogor memperoleh mandat kepercayaan sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan perhelatan kegiatan OPTK  se-Indonesia yang akan digelar selama 4 hari mulai tanggal 28-31 Maret 2019.

Direktur Polbangtan Bogor Dr. Ir. Siswoyo, MP menginginkan kepada semua panitia penyelenggara, dan kontingen baik pembina, pelatih maupun para pemain agar mengoptimalkan segala kemampuan yang dimilikinya untuk mewujudkan 2 sukses yaitu sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

Pencanangan Direktur Polbangtan tersebut disampaikan pertamakali pada awal rapat persiapan OPTK Polbangtan se-Indonesia yang harus menjadi pegangan bagi seluruh panitia, pembina, pelatih, dan para pemain khusus dilingkungan Polbangtan Bogor.  

Berbagai tahapan persiapan penyelenggaraan kegiatan OPTK se-Indonesia telah dilaksanakan seperti koordinasi, administrasi, organisasi kepanitiaan, teknis operasional, pendataan cabang lomba yang dipertandingkan dalam even OPTK yang diikuti kontingen dari berbagai Perguruan Tinggi Kedinasan se-Indonesia, denah lokasi tempat pertandingan, data lokasi tempat tinggal kontingen, transportasi,  penataan lingkungan kampus, dan lainnya.

Polbangtan Bogor akan mengikuti seluruh cabang yang dilombakan dalam event OPTK se-Indonesia diantaranya olahraga, kesenian dan lainnya.

Sekilas tentang persiapan, pelaksanaan serta evaluasi dari cabang olahraga misal volay ball diperoleh informasi dari pelatihnya yaitu Wawan Anwarudin yang menyebutkan antara lain sebanyak 19 orang (80%) dari jumlah 24 orang pemain vollay ball yang terdiri dari pemain putra dan pemain putri masing-masing 12 orang dalam kondisi fisik prima dan sisanya 20% atau 5 orang pemain masih perlu ditingkatkan fisiknya.Target seluruh pemain dengan kondisi fisik prima pada minggu ke-3 Maret 2019.

Selain itu juga mendapat gambaran bahwa mental para pemain vollay ball diperkirakan baru mencapai 60%. Dalam upaya mememacu prestasi para pemainnya melalui penggemblengan fisik dan mental dengan diberikan porsi waktu berlatihan selama 8 jam/hari terbagi dalam dua sesi yaitu sesi pertama (jam 8.oo - 12.oo WIB), sesi kedua (jam 13.oo- 17.oo WIB), dan melakukan mitra tanding dengan tim volley ball disekitar kabupaten/kota Bogor, dan melakukan latihan indor di GOR Pajajaran Bogor.

Selain itu, para pemain juga dibekali materi pertahanan dan serangan dalam vollay ball. Hal penting lainnya dalam upaya pencapaian sukses prestasi, maka perlu meningkatkan fisik yg prima bagi setiap pemain dengan mengoptimalkan asupan gizi melalui pemberian suplemen seperti madu, minuman susu dan vitamin.

Sedangkan upaya lainnya untuk meningkatkan mental para pemain ditempuh dengan melakukan latihan di lapangan indor di Gedung Olah Raga (GOR) Pajajaran Bogor, dan juga bertanding dengan klub vollay ball disekitar wilaysh Bogor.

Semoga tekad kuat dengan disertai do'a secara ikhlas dan menjunjang tinggi sportivitas dari segenap civitas akademika Polbangtan Bogor menjadi kunci sukses baik sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi dalam ajang OPTK se-Indonesia. Aamiin.

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019