Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan meski sektor industri berkembang cukup signifikan, tapi sekitar 70 persen penduduk Karawang masih bergantung pada sektor pertanian.

"Sampai saat ini, sebagian besar masyarakat Karawang masih bergantung dengan sektor pertanian," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat Eka Sanatha, di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan, industri yang masuk ke Karawang kebanyakan sektor manufaktur, yang kebanyakan menggunakan bahan baku atau komponen dari luar Karawang hingga luar negeri.

Sesuai dengan catatannya, di Karawang terdapat 1.500 pabrik dari berbagai sektor industri. Pabrik-pabrik ini tersebar di sejumlah kawasan industri di wilayah Karawang.

Tetapi, kata Eka, dari banyaknya investasi yang masuk ke Karawang, belum ada investor yang berinvestasi di bidang pertanian atau olahan pangan.

Pihaknya berharap agar ke depannya ada investor di bidang pertanian atau olahan pangan yang masuk ke Karawang. Artinya diharapkan, ada investasi besar yang produknya menggunakan bahan baku dari pertanian di Karawang.

"Di Karawang banyak hasil pertanian. Jadi kita berharap agar ke depan, mungkin ada makanan olahan atau apapun yang dapat mengangkat ekonomi masyarakat Karawang," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019