Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi bekekuatan magnitudo 5,3  pada Kamis (27/2) pukul 06.27 waktu setempat yang mengguncang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

"PMI sudah mengirimkan bantuan berupa dukungan logistik yang diberikan seperti 100 paket family kit, 200 terpaulin, 100 kelambu, 200 jiriken, 10 family tent dan 11 set kruk," Kata Kepala Markas PMI Sumatra Barat (Sumbar) Hidayatul Irwan melalui sambungan telepon, Sabtu.

Menurutnya mengirimkan bantuan logistik kedaruratan tersebut sebagai tahap awal dan menjadi salah satu langkah prioritas penanganan PMI untuk membantu warga korban bencana khususnya yang mengungsi di pengungsian.

Untuk bantuan tahap awal ini PMI telah menyiapkan barang-barang bantuan untuk dikirimkan ke lokasi melalui gudang PMI regional Sumatra yang ada di Padang, Sumbar. Untuk saat ini PMI memprioritaskan mobilisasi personel terdekat dan mengerahkan sumber daya relawannya.

Seperti pihaknya mengerahkan personel dari PMI Kota Solok untuk melakukan tindakan awal darurat berupa proses assesment dampak kerugian serta pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi melalui dukungan logistik.

"Disamping mendistribusikan logistik, kami juga tengah melakukan dukungan pendampingan teknis untuk PMI Kabupaten Solok Selatan dalam teknis operasi tanggap darurat ini," tambahnya.

Hidayat mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dalam upaya mendukung wilayah terdampak yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Berdasarkan laporan sementara relawan PMI di lapangan, selain korban luka-luka dan kerusakan unit rumah, gempa juga menyebabkan kerusakan pada fasilitas sekolah, peribadahan dan kesehatan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019