Bogor, 4/4 (Antara) - Kandidat Wali Kota Bogor Ifan Haryanto memenuhi permintaan warga beberapa rukun warga Kelurahan Sindangbarang untuk melakukan pengasapan (fogging) guna mengantisipasi dan mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah dengue.

"Sebagai wilayah yang memiliki curah hujan tinggi, Bogor sangat rawan penyakit endemik seperti halnya demam berdarah dengue (DBD) dan Cikungunya," katanya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Kang Ifan" --panggilan karib Ifan Haryanto-- berkesempatan langsung hadir mendampingi tim untuk melakukan pengasapan di rumah dan berbagai tempat yang potensial sebagai sarang nyamuk.

Ancaman penyakit tersebut, kata dia, potensial meningkat jika masyarakat tidak menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya dengan baik.

Ditegaskannya bahwa dengan tingginya curah hujan, potensi genangan-genangan air meningkat dan berpotensi sebagai tempat untuk berkembang-biaknya nyamuk penyebab DBD dan Cikungunya.

Terlebih, kata dia, masih banyak ditemukan banyak masyarakat yang masih berpola hidup kurang sehat, misalnya dengan beternak ayam, itik, kambing di sekitar rumah dengan tanpa melakukan pembersihan kandang secara rutin.

"Sehingga potensial menjadi tempat berkembang-biaknya nyamuk serta menjadi sarang berbagai macam potensi penyakit," kata doktor lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

Guna mengurangi potensi penyakit DBD, secara khusus Kang Ifan berpesan kepada warga agar memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Di samping itu, menjaga kondisi kesehatan tubuh serta segera berobat jika terindikasi terkena penyakit DBD.

Ifan berharap kegiatan pengasapan sarang nyamuk itu bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kelurahan Sindagbarang, Kecamatan Bogor Barat.

Dalam kegiatan pengasapan itu turut mendampingi banyak tokoh masyarakat, ulama dan tokoh pemuda setempat.

Mereka mengucapkan terima kasih atas kepedulian Ifan Haryanto untuk turut membantu warga Sindangbarang mengurangi potensi penyakit DBD.

Beberapa wilayah di Kelurahan Sindangbarang terjangkit penyakit DBD dan beberapa warganya terpaksa dirawat di rumah sakit.

Mendapat temuan tersebut, warga didampingi beberapa ketua RW di Kelurahan Sindangbarang berinisiatif untuk mencari solusi mengatasi masalah wabah DBD di wilayah mereka, termasuk mengundang Ifan Haryanto untuk berperanserta membantu upaya preventif mencegah penyakit DBD itu.
 
Andi J 

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013