Bekasi (ANTARA News Megapolitan) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, menjanjikan renovasi sejumlah bangunan di kompleks perkantoran partai politik di Jalan Chairil Anwar, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur.

"Kondisi bangunan organisasi kepartaian di sini sudah tidak representatif dan perlu dilakukan renovasi menyeluruh," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, empat bangunan di lokasi tersebut kerap mengalami banjir karena berada pada lahan yang relatif lebih rendah di bawah Jalan Chairil Anwar.

"Bangunan yang saat ini sangat rendah di bawah badan jalan. Pada 2012 pernah terkena banjir kurang lebih dua meter," ujarnya.

Di kompleks tersebut terdapat empat bangunan yang kini difungsikan sebagai Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan sejumlah organisasi masyarakat.

Kebijakan renovasi dengan memperbaiki drainase di lokasi itu bertujuan agar pembuangan air juga dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, Rahmat Effendi juga mengarahkan jajarannya untuk mendesain kembali kompleks gedung tersebut.

Ia mengaku telah menginstruksikan jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk mendesain ulang bangunan.

"Kita desain ulang dan tentukan lewat foto lidar. Dua lantai rencananya dengan lantai bawah sebagai basement untuk parkiran mobil sedangkan lantai atas diperuntukan untuk kantor, serta depan perkantoran dapat diperuntukan parkir motor," katanya.

Menurutnya, peninggian lahan di lokasi itu belum dibutuhkan, cukup penataan drainase untuk kelancaran aliran air.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019