Bogor (ANTARA News Megapolitan) - Satlantas Polres Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat memberlakukan sistem satu arah di jalur Puncak lebih lama dari biasanya, dan mengimbau masyarakat yang hendak ke Cianjur dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif.

"Mengingat proses satu arah hari ini cukup lama kami menginformasikan kepada masyarakat yang mau ke Puncak dan Cianjur bisa melewati jalur Jonggol-Cariu atau Sukabumi," kata Kasat Lantas Polres Bogor Kabupaten, AKP Hasby Ristama, kepada Antara, Senin sore.

Hasby mengatakan, siang tadi pihaknya memberlakukan sistem satu arah dari pukul 12.30 WIB untuk arus turun dari Cianjur ke Bogor. Satu arah diberlakukan situasional sampai arus kembali normal.

"Estimasi kami paling cepat pukul 19.00 WIB dibuka lagi, tapi tetap melihat situasi di lapangan," kata Hasby.

Sejak Sabtu (22/12) kemarin libur Natal dan Tahun Baru 2018 jalur Puncak kembali dipadati kendaraan. Berdasarkan catatan dari Tol Jagorawi, jumlah kendaraan yang keluar masuk Tol Ciawi sebanyak 78.352 unit kendaraan.

Lalu pada Minggu (23/12) jumlah kendaraan yang keluar masuk Tol Ciawi sebanyak 66.413 unit. Hingga Senin ini, kendaraan kembali mengular di jalur Puncak.

"Arus cukup ramai, terutama Minggu kemarin, kami menormalkan arus sampai jam delapan malam," kata Hasby.

Untuk menghindari kemacetan, Polres Bogor mengimbau pengendara yang hendak ke Cianjur dan sekitarnya, sebaiknya menggunakan jalur Jonggol-Cariu atau Sukabumi.

Menurut Hasby, kedua jalur ini relatif masih lancar untuk dilalui, aman bagi pengendara dan waktu tempuh lebih cepat dibanding melewati jalur Puncak.

Ia mengatakan jarak tempuh Jonggol-Cariu menuju Cipanas-Cianjur sejauh 32 km, dengan waktu tempuh paling lama dua jam. Berbeda dengan jalur Puncak, walau jaraknya lebih pendek (22,3 km), kepadatan arus yang terjadi mengakibatkan waktu tempuh lebih lama.

"Lewat Jonggol arus lebih cepat, dan pasti aman," kata Hasby.

Editor berita: F. Lantara

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018