Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membantu meningkatkan kualitas kemasan produk usaha kecil dan menengah (UKM) di Sukabumi, Jawa Barat.

"Kualitas produk UKM sudah sangat baik tinggal kemasannya saja. Kami akan bantu agar lebih menarik supaya pemasarannya lebih luas lagi seperti ke antardesa," kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, produk UKM di Sukabumi sudah sangat baik bahkan dirinyaterpana karena mendapati di Desa Sukajaya ada banyak jenis produk UKM mulai dari makanan ringan, kuliner, cendera mata dan lain-lain.

Ia menambahkan, yang harus diperhatikan adalah kualitas kemasan.

Jika Kabupaten Sukabumi sudah memiliki rumah kemasan, pihaknya tinggal membantu agar bisa lebih menarik lagi dengan harapan harga produk UKM akan meningkat.

Pihaknya mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terus Jaya Sehati di Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, juga pada warga desa tersebut yang dinilainya sangat kreatif. Tidak selain menyediakan produk UKM yang sudah dikemas, juga tempat wisata kulinernya.

Desa ini menjadi yang pertama di Indonesia yang menjadi tempat didirikannya BUMNShop sehingga bantuan dari pemerintah pusat, salah satunya berupa dana desa berputar di desa, tidak keluar ke kota, dan bahkan sebaliknya berkemungkinan bisa menyedot uang dari kota.

"Pak Presiden Joko Widodo sangat perhatian kepada setiap desa Indonesia, karena sesuai program pembangunannya mulai dari desa. Dan bantuan yang dikeluarkan dari APBN seperti dana desa ini bisa benar-benar termanfaatkan oleh masyarakat," tambahnya.

Rini mengatakan jika dikelola dengan baik dan mengkolaborasikan seluruh potensi desa salah satunya dengan UKM, maka dana desa bisa membuka lapangan pekerjaan baru seperti yang telah dilakukan Desa Sukajaya karena terkelola dengan baik serta masyarakatnya bisa menikmati.

Editor berita: G. Dirgantara

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018