Purwakarta (ANTARA News Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan mengembangkan sektor pariwisata yang terintegrasi untuk mencapai target kunjungan wisata.

"Tahun depan, target kunjungan wisata ke Purwakarta mencapai 3 juta orang. Untuk melancarkan target itu, kami akan mengembangkan pariwisata terintegrasi," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabuparen Karawang Heri Anwar di Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, melalui pengembangan sektor pariwisata terintegrasi, nantinya akan ada kolaborasi antardinas di lingkungan Pemkab Purwakarta di setiap bidangnya.

"Akan ada kolaborasi antardinas, dari pertanian, peternakan, perdagangan hingga bina marga dalam pengembangan sektor pariwisata di Purwakarta," katanya.

Ia menjelaskan, konsep yang pada 2019 nanti mulai diterapkan diantaranya pola pengembangan pariwisata berbasis pendidikan, termasuk pemanfaatan lahan pertanian dan peternakan sebagai daerah tujuan pariwisata di Purwakarta.

"Tahun depan, kami buat alur visit travelnya, misalnya Dinas Pertanian menyiapkan lahan nanti wisatawan diarahkan berwisata bagaimana menanam padi, menggarap pertanian hal tersebut mulai kita kembangkan termasuk peternakan juga," katanya.

Selain itu, akan dilakukan pula penguatan UMKM dalam perkembangan kepariwisataan di Purwakarta.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018