Purwakarta (ANTARA News Megapolitan) - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meluncurkan gerakan tanam pangan musim tanam 2018/2019 untuk mengoptimalkan produktivitas pada musim rendeng.

"Gerakan tanam pangan ini dipadukan dengan pencanangan tanam padi organik," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian setempat Agus Rachlan Suherlan, disela kegiatan Gerakan Tanam Musim Tanam 2018/2019 di Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Kamis.

Kegiatan gerakan tanam pangan tersebut melibatkan Kelompok Tani Siliwangi Desa Nagrak.

Para petani yang tergabung dalam kelompok tani tersebut mendapatkan bantuan berupa bibit varietas inpari 32, pupuk kompos, pupuk organik cair dari Pemkab Purwakarta.

"Untuk mempercepat penanaman, maka dilakukan gerakan tanam padi yang dilaksanakan di Desa Nagrak Kecamatan Darangdan," kata Agus.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan padi organik merupakan bagian dari upaya ektensifikasi dan intensifikasi yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan kualitas mutu hasil pertanian.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Siliwangi Desa Nagrak, Dadang mengapresiasi respon dan upaya Pemkab Purwakarta dalam peningkatan hasil pertanian padi, jagung dan kedelai.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018