Cikarang, Jabar (ANTARA News Megapolitan) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengajak pemerintahan desa dan masyarakatnya untuk berperan mengembangkan potensi-potensi obyek wisata di wilayah masing-masing.

"Tujuannya bukan hanya untuk mendongkrak potensi wisatanya saja, namun juga meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar," kata Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Bramuntio di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, dengan membuka peluang usaha atau lapangan pekerjaan baru karena ada wisatawan yang datang, tentu adalah salah satu cara terbaik dalam menjalankan roda perekonomian kerakyatan.

Namun dalam upaya itu tentunya harus melakukan kerjasama dengan penggiat pariwisata yang dimana sebagai wadah promosi. Dan itu juga dapat mengajak pemerintah daerah sebagai salah satu promotor wisata.

"Kami mendorong setiap desa punya detinasi wisata dan kita akan bantu segala fasilitasnya jika memang tanah yang dipakai adalah aset Pemkab Bekasi," katanya.

Pengembangan pariwisata pedesaan, sebenarnya tidak dapat dilakukan sembarangan. Pasalnya dalam hal ini harus ada konsep yang berpadu dengan pemetaan area maupun pariwisata yang akan ditonjolkan.

Dengan begitu pariwisata lokal khususnya daerah pedesaan dapat menjadi lebih maju, dan perekonomian masyarakat sekitar dapat lebih terjamin.

Ia menambahkan saat ini ada satu kelurahan yang sedang menyiapkan desa wisata yaitu Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran yang tenggah membuat Taman Pelangi dengan sumber angarannya dari Corporate Social Responsibility (CSR) salah satu perusahaan swasta di kabupaten Bekasi.

Dalam hal ini juga dapat menambahkan kegiatan masyarakat seperti kerajinan tangan, aktivitas kesenian dan kebudayaan. Selain itu konsep desa wisata itu harus memiliki berbagai kegiatan guna menarik pengunjung untuk datang.

"Pada saat ini wisatawan lebih memadukan konsep klasik dengan moderen yang dimana dapat meningkatkan tujuan dasar masyarakat," katanya.

Bramuntio menjelaskan berharap adanya obyek wisata di Kelurahan Kertasari nantinya bisa menjadi penyemangat untuk desa lainnya untuk mengembangkan potensi-potensi obyek wisata wilayah masing-masing.

Selain itu, dengan banyaknya kelompok atau orang yang sadar akan wisata kedepan bisa menjadikan Kabupaten Bekasi menjadi kabupaten yang banyak mempunyai destinasi wisata.

"Mudah-mudahan ke depan Kabupaten bekasi punya banyak destinasi wisata dan menjadi tujuan wisatawan. Dan ini adalah peluang bagi masyarakat dari kecamatan setempat,'' katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018