Bogor, 8/4 (Antara) - Pemerintah Kota Bogor Jawa Barat melepas secara resmi 942 siswa peserta Olimpiade sains nasional (OSN) tahun ajaran 2012/2013 yang akan bertanding dengan harapan seluruh siswa mampu mengukir prestasi yang membanggakan daerah.

"Selamat bertanding dalam OSN 2012/2013 ini ukirlah prestasi yang membanggakan Kota Bogor," kata Sekretaris Daerah Kota Bogor Aim Halim Hermana, saat melepas keberangkatan para peserta OSN di Balai Kota, Senin.  

Aim mengatakan, tidaklah mudah menjadi peserta OSN. Menjadi anggota kontingen yang membela nama Kota Bogor merupakan kesempatan yang langka dan berharga.

"Kesempatan itu hanya bisa didapatkan oleh para pelajar yang hebat dan para pelajar yang berprestasi serta dipercaya mampu membuktikannya," kata Aim.

Menurut Aim kesempatan ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat masa depan para peserta.

Selain itu pengalaman tersebut akan menjadi modal yang sangat penting dalam memperjuangkan kehidupan di masa depan.

"Yakinlah siapa yang telah mempersiapkan diri menjadi orang hebat sejak masa kecil maka di kemudian hari dia akan menjadi orang yang lebih hebat dan dengan kehebatan itulah, maka masing-masing akan meraih sukses di kehidupan masa depan," ujar Sekda dihadapan ratusan peserta OSN.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondarsyah  mengatakan, kegiatan OSN diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA se-Kota Bogor tahun ajaran ajaran 2012/2013.

OSN ini bertujuan untuk menjaring siswa mempunyai kompetensi atau kemampuan dalam bidang sains, serta menghasilkan calon peserta yang diharapkan oleh Kota Bogor untuk mewakili daerah pada seleksi tingkat provinsi, tingkat Nasional dan tingkat Internasional.

Peserta OSN berjumlah 942 terdiri dari, siswa SD sebanyak 56 orang,  SMP 246 siswa, dan SMA 640 siswa.  

Adapun kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Pada tingkat SD dan SMP hari Rabu dan Kamis tanggal 3-4 April 2013 bertempat di SMA Negeri 1 Kota Bogor.

Hasil dari kejuaraan tingkat Kota Bogor yang akan berlomba ketingkat Provinsi Jawa Barat adalah SD pada bidang Matematika 3 siswa, dan IPA sebanyak 3 siswa akan berangkat ketingkat Provinsi tanggal 8 sampai dengan 11 April 2013.

Untuk peserta OSN tingkat SMP pada bidang Matematika sebanyak 4 siswa, Biologi 7 siswa, Fisika 7 siswa, dan IPS 4 Siswa akan diberangkatkan ketingkat Provinsi pada tanggal 11 sampai dengan 14 April 2013.

Sedangkan untuk tingkat SMA pada bidang Matematika 3 Siswa, Fisika 3 Siswa, Kimia 3 Siswa, Biologi 3 Siswa, Komputer 3 Siswa, Astronomi 3 Siswa, Kebumian 3 Siswa dan Ekonomi 3 Siswa akan diberangkatkan ke tingkat Provinsi pada tanggal 3 sampai 4 Juni 2013.

"Kita berharap para siswa ini mampu mengukir prestasi terbaiknya untuk Kota Bogor," kata Fetty.

Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013