Bogor (Antaranews Megapolitan) - Direktur Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Dr. Didin Wahidin, M.Sp menutup gelaran Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX tahun 2018 yang digelar  Pada malam penutupan ini, tim Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi peraih medali Juara I terbanyak pada KMI Award.

Ada lima kategori yang dilombakan yakni Makanan dan Minuman kelas A dan B, Produksi dan Budidaya, Jasa dan Perdagangan Kelas A dan B, Industri Kreatif kelas A dan B, serta Teknologi.

Pada kategori makanan dan minuman kelas A, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Universitas Internasional, IPB dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), kelas B juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Universitas Lampung, Universitas Gajah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dewantara.

Pada kategori industri kreatif kelas A, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jogjakarta dan STKIP PGRI Tulungagung. Kelas B, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Universitas Nahdatul Ulama, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Muhammad Natsir Bukittinggi.

Pada kategori jasa dan perdagangan kelas A, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Universitas Diponegoro, Politeknik Media Kreatif dan Universitas Riau. Kelas B, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh IPB, Universitas Jambi dan Universitas Amikom Yogjakarta.

Pada kategori produksi dan budidaya, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh IPB, Universitas PGRI Madiun dan Politeknik Negeri Padang. Untuk kategori teknologi juara 1, 2 dan 3 diraih oleh UGM, Universitas Negeri Malang (UM) dan IPB.

Selain meraih Juara I terbanyak, IPB juga dinobatkan sbagai stand Terbaik I diikuti oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai Terbaik II, UGM Terbaik III, Universitas Sebelas Maret Terbaik Harapan I dan Universitas Lampung Terbaik Harapan II.

Ekspo kali ini mengangkat tema “Penguatan Wirausaha Mahasiswa Indonesia Melalui Techno- sociopreneurship Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dan menjadi ajang bagi 124 perguruan tinggi untuk unjuk aktivitas kewirausahaan mahasiswanya.

“Atas nama kementerian, saya mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah bekerja keras dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua, bagi Indonesia, sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang maju di kemudian hari. Saya harap Deklarasi Dramaga yang sudah diucapkan oleh mahasiswa pada KMI ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya untuk memajukan kewirausahaan Indonesia,” ujar Dr. Didin saat menutup acara.

Sementara itu, Direktur Inovasi dan Kewirausahaan IPB, Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah sekaligus Ketua KMI 2018 mengatakan bahwa dengan terbentuknya jejaring kewirausahaan mahasiswa Indonesia ini, diharapkan batas antara perguruan tinggi bisa lebur sehingga yang ada hanya semangat membangun bersama.

“Semangat besar bersama untuk meningkatkan usaha para pemuda Indonesia, sehingga memiliki daya saing dari produk-produk kreatif dan inovatifnya. Minimal di kawasan ASEAN, pada era bonus demografi 2030 nanti,” ujarnya.(KR/Zul)

Pewarta: Oleh Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018