Cininong, Jabar (Antaranews Megapolitan) - Bupati Bogor Nurhayanti membuka Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) V Jawa Barat 2018 dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga.

"Cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni angkat berat, atletik, bola voli duduk, bulu tangkis, catur, goalball, judo, panahan, renang, tenis lapang, tenis meja, dan tenpin bowling." katanya di Stadion Mini Persikabo Cibinong, Senin.

Ia mengatakan cabang olahraga mempertandingkan 630 nomor dengan memperebutkan 2510 medali yang terdiri atas 784 medali emas, 784 medali perak, dan 942 medali perunggu.

Menurut dia ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan kepada dunia Olahraga dan masyarakat pada umumnya.

Selain itu, juga senantiasa memberikan ruang yang setara bagi semua orang maupun atlet untuk berkarya, berkreasi dan berprestasi, termasuk bagi olahragawan difabel atau paralympian.

Itu akan berlangsung selama sepuluh hari lamanya yang dimulai pada Minggu (4/11) hingga Selasa (13/11). Dan akan mempertandingkan 12 cabang olahraga.

Namun dalam hal ini 11 cabang olahraga lokasinya tersebar di seluruh Kabupaten Bogor yakni Gedung Kesenian, Stadion Pakansari, Gom Karadenan, laga tangkas, hotel seruni, gedung jambuer simalem laga satria,

Dan lapangan luar stadion pakansari serta lapangan tenis brimob, cilodong khusus untuk cabang tenpin bowling, Jungle Bogor Nirwana Residence (Kota Bogor).

"Untuk mendukung seluruh rangkaian kegiatan Peparda V tahun 2018 telah ditetapkan 789 orang panitia pelaksana cabang olahraga yang di dukung oleh 60 tenaga keamanan serta tenaga medis 14 dokter dan 38 perawat," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan bahwa Peparda V Jawa Barat yang terbesar oleh sebab itu menjadi modal penting bagi Jawa Barat untuk mengikuti Peparnas Papua 2020.

Selain itu juga meminta kepada atlet untuk tetqp menjunjung sportifitas pada saat bertanding. Dan berharap Peparda V Jawa Barat bisa sukses dengan tema mengukir prestasi di Bumi Tegar Beriman.

"Tantangan kedepan semakin besar semoga regenerasi kedepan akan lebih baik sehingga muncul-muncul atlet nasional untuk membanggakan bangsa," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018