Depok (Antaranews Megapolitan) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah tersebut untuk tidak terlibat narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba).

"Sosok ASN merupakan pelayan publik yang kerap berhadapan langsung dengan masyarakat. Jadi ASN harus bisa menjadi cermin dan dapat terus berkomitmen untuk menghindari narkoba," kata Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Balaikota Depok, Senin.

Menurutnya, Dinkes terus menjalin sinergitas dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam melakukan pemeriksaan urine bagi ASN. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Dikatakan Novarita, narkoba memiliki tiga golongan yang mempunyai tujuan berbeda-beda. Untuk Golongan pertama adalah untuk ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi karena menyebabkan sindrom ketergantungan.

Golongan kedua, lanjutnya, untuk pengobatan sebagai pilihan terakhir dalam terapi atau ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi kuat untuk mengakibatkan sindrom ketergantungan.

Serta untuk golongan ketiga untuk pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan berpotensi ringan mengakibatkan sindrom ketergantungan.

"Ini harus diketahui agar seluruh masyarakat termasuk ASN paham dan mengetahui bahaya narkoba," tandas Novarita.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018