Purwakarta (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 576 atlet dan official asal Kabupaten Purwakarta, Jabar, akan mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018, di Kabupaten Bogor.

"Targetnya masuk 10 besar," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, usai melepas atlet Porda Jabar, di komplek Pemkab Purwakarta, Senin. 

Ia mengakui kalau target itu tidak muluk bagi para atlet. Sebab pada Porda sebelumnya Purwakarta sudah berhasil masuk sembilan besar. 

Bupati mengaku akan menyediakan bonus bagi atlet yang berprestasi pada Porda 2018. Bahkan bonusnya dinaikkan dibandingkan dengan tahun lalu. 

Untuk peraih medali emas tahun kemarin Rp25 juta. Sekarang naik jadi Rp30 juta. Termasuk untuk medali perak, perunggu berikut para pelatihnya. 

Ditanya tentang potensi atlet berprestasi menjadi pegawai negeri sipil (PNS), Anne menyatakan kalau hal tersebut terbentur wewenang. Sebab kewenangan pengangkatan PNS atau ASN berada di tangan pemerintah pusat.

"Kalau PNS bukan kewenangan Pemda. Tapi mudah-mudahan mereka menjadi bagian di pemkab. Soalnya ada alternatif lain, semisal CPNS tahun sekarang ada jalur khusus prestasi. Atlet berprestasi bisa memanfaatkan situasi ini," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018