Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya ke objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang saat ini menjadi andalan.

"Upaya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan tidak hanya melalui promosi saja, tetapi tetap menjaga kebersihan dan sarana prasarananya. Karena wisatawan menginginkan kenyamanan dan kebersihan lokasi wisata," kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Kebersihan (Perkimsih) Kabupaten Sukabumi Denis Eriska di Sukabumi, Kamis.

Menurutnya, pihaknya saat ini tengah berupaya membersihkan tumpukan sampah yang ada di Pantai Loji yang masuk dalam wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Harus diakui, pantai tersebut terdapat tumpukan sampah yang dikarenakn berdekatan dengan hilir sungai atau perbatasan sungai dengan laut.

Sehingga sampah yang dibuang oleh masyarakat di sepanjang aliran sungai tersebut menumpuk di Pantai Loji, sehingga untuk membersihkannya pihaknya harus menggunakan alat berat.

Selain itu, ia pun mengapresiasi warga dan pelajar yang peduli bergotong royong membersihkan sampah yang ada di objek wisata itu. Memang menjaga kebersihan ini bukan hanya tanggung jawa pemerintah saja tetapi seluruh pihak khususnya wisatawan.

"Apabila kebersihan pantai terjaga pasti wisatawan tertarik untuk berkunjung dan tentunya dapat mendongkrak ekonomi masyarakat setempat," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Penyelamatan Wisata Tirta Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepullah mengatakan objek wisata di Kabupaten Sukabumi sangat lengkah terdiri dari gunung, rimba laut, hutan hingga sungai pun ada.

Namun butuh kesadaran semua pihak dalam menjaga kebersihan dan pihaknya yakin kedatangan wisatawan akan terus meningkat apalagi UNESCO belum lama ini menetapkan Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan geopark dunia sehingga bisa menyedot kedatang wisatawan mancanegara.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018