Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Dua kementerian yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI dan Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan untuk sarana dan prasarana petani di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Untuk Kementerian PUPR memberikan bantuan pembangunan sarana air baku yang tujuannya untuk mempermudah warga dalam mendapatkan air karena daerah ini merupakan salah satu daerah rawan kekeringan," kata Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan di Sukabumi, Selasa.

"Maka dari itu kami di legislatif bekerjasama dengan Kementerian PUPR untuk membangunan sarana air baku tersebut dan saat ini pembangunan sudah selesai," tambah Heri.

Selain itu, legislator Partai Gerindra tersebut juga memberikan bantuan alat pertanian untuk kelompok petani (poktan) yang tersebar di 20 kecamatan. Bantuan itu, merupakan penghargaan bagi petani di Sukabumi yang telah bekerja keras dalam menggenjot hasil pertanian.

Menurut dia, bantuan ini untuk merayakan sekaligus rangkaian Hari Tani Nasional (HTN) yang diperingati setiap 24 September. Sehingga dengan adanya dukungan alat pertanian tersebut produksi hasil pertanian bisa terus meningkat.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada petani tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian yakni 41 unit traktor tangan, 23 unit pompa air, cultivator 13 unit, hand sprayer 64 unit dan power thereser 20 unit.

"Kabupaten Sukabumi merupakan daerah pertanian yang mayoritas usaha warganya bergerak di bidang pertanian, sehingga perlu adanya bantuan untuk meningkatkan produksi," tambahnya.

Heri mengatakan pihaknya akan selalu memantau aktivitas petani di Indonesia khususnya Sukabumi sehingga mengetahui apa yang dibutuhkan mereka untuk menggenjot hasil pertanian. Pihaknya juga terus menggandeng beberapa kementerian terkait agar bisa menyalurkan bantuan untuk petani.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018