Cibinong, Jabar (Antaranews Megapolitan) - Bupati Bogor, Jawa Barat, Nurhayanti memaparkan kesiapan dan persiapan final Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Tahun 2018 yang akan berlangsung di Kabupaten Bogor pada 6-15 Oktober mendatang.

"Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk pertemuan pimpinan kontingen (Chef De Mission Meeting/CDM) 2 Porda XIII dan saat ini tinggal menghitung hari berlangsungnya kegiatan tersebut," katanya di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Selasa.

Menurut dia, kesiapan dan persiapan final penyelenggaraan Porda XIII Jawa Barat, meliputi kesiapan atlet dan ofisial tim, arena pertandingan dan jadwalnya.

Selain itu juga telah menyiapkan tenaga kesehatan, cabang olahraga, petugas kesehatan sampai jumlah medali yang diperebutkan.

Untuk kesiapan atlet dan ofisial, peserta Porda XIII yang sudah melalui proses verifikasi keabsahan dan delegation registration meeting (DRM) sebanyak 9.260 0rang, dengan jumlah total atlet yang absah sebanyak 8.517 orang.

Sedangkan untuk Porda XIII Jawa Barat Tahun 2018 di Kabupaten Bogor ada 60 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dengan jumlah nomor pertandingan sebanyak 879 nomor.

Para atlet akan memperebutkan 879 medali yang terdiri atas emas, perak maupun perunggu.

Untuk kesiapan venue dan jadwal pertandingan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah bekerja sama, berkoordinasi maupun bersinergi dengan enam pemerintah kabupaten-kota lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Di antaranya Pemerintah Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Pangandaran.

Koordinasi itu merupakan langkah lanjutan dari penyelenggaraan CDM pertama di Hotel Aston Sentul.

Kegiatan hari ini merupakan lanjutan dari pertemuan CDM pertama pada tanggal 28 Maret 2018, sekaligus merupakan bagian akhir dari seluruh rangkaian persiapan penyelenggaraan Porda XIII Jawa Barat Tahun 2018 di Kabupaten Bogor.

Ia berharap semua persiapan itu mampu memberikan semangat dan energi yang kuat lagi bagi penyelengaraan dan mampu menyukseskan kegiatan Porda XIII pada Oktober 2018.

"Itu bertujuan agar mencapai panca sukses yaitu sukses penyelengaraan, sukses ekonomi, sukses prestasi, sukses budaya dan sukses administrasi,'' katanya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin mengatakan ajang ini sebuah sejarah bagi perhelatan Porda Jawa Barat di mana ada sebanyak 60 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Pada Porda XIII Jawa Barat Tahun 2018 Kabupaten Bogor paling banyak cabang olahraga yang dipertandingkan, ini butuh komitmen dan keyakinan bagi Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah," katanya.

Namun, ia juga berpesan kepada seluruh panitia penyelenggara untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan Porda XIII dan dapat bekerja secara cerdas untuk menyukseskan seluruh rangkaian kegiatannya.

Ditegaskan bahwa komitmen adalah salah satu kuncinya yang secara langsungnya dapat terintegritas, dan sinergi serta tentu saja kebersamaan, karena kebersamaan adalah kekuatan bersama.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018