Bogor (Antaranews Megapolitan) - Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor memberikan pendidikan karakter kepada mahasiswa baru tahun angkatan 2018/2019 dengan menggelar Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama).

Ketua Panitia Mabidama STPP Bogor, Usep Rizab, di Bogor, Kamis, mengatakan, berbagai kegiatan dilakukan dalam pembentukan karakter mahasiswa baru STPP Bogor.

"Kegiatan pendidikan karakter berlangsung dalam rangkaian selama dua pekan mulai dari tanggal 3 sampai 14 September," kata Usep.

Ia memerinci kegiatan sebagai berikut, pada tanggal 3 - 5 September 2017 dilakukan Mabidama Akademik yaitu Pengenalan Akademik, Kedisiplinan, Baris Berbaris, Tatacara Upacara dan Tata Tertib di Asrama dengan pelatih petugas dari PUSDIKZI TNI AD.

"Dilanjutkan dengan kuliah motivasi pada tanggal 6 - 8 September, kegiatan Bela Negara 9 - 10 September, dan pembentukan karakter melalui Outbound, 11 - 14 September," katanya.

Sebanyak 210 mahasiswa baru terdiri atas 120 orang untuk jurusan pertanian dan 90 orang untuk jurusan peternakan mengikuti kegiatan tersebut.

Pada jurusan Pertanian terdiri atas tiga program studi yaitu Pogram Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan sebanyak 60 orang, Program Studi Agribisnis Hortikultura sebanyak 30 orang dan Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian sebanyak 30 orang.

Sedangkan jurusan peternakan diikuti 90 orang terdiri atas Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan sebanyak 60 orang, dan Program studi Kesehatan Hewan sebanyak 30 orang.

"Mabidama dilaksanakan di dua kampus yaitu kampus STPP di Cibalagung dan Kampus STPP di Cinagara," katanya.

Wakil Ketua III STPP Bogor atau Polbangtan Bogor, Wida Pradiana mengatakan, melalui program ini, pihak kampus ?menanamkan nilai-nilai dan semangat belajar memberikan karya terbaik kepada mahasiswa.

Mendorong terbentuknya karakter mahasiswa yang disiplin, taat aturan, dan berdedikasi tinggi selama menempuh pendidikan.

"Kami selalu sampaikan mahasiswa yang diterima di STPP Bogor adalah duta duta terbaik provinsi. Mereka adalah yang terbaik dari 1.800 pendaftar yang mendaftarkan diri di STPP Bogor," katanya.

Ia mengatakan, status mahasiswa STPP tahun ini sudah berganti menjadi mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

"Mahasiswa diharapkan saya tidak akan memberikan kesan buruk untuk daerah asalnya," kata Wida.

Pembukaan Mabidama di Kampus Cibalagung dibuka secara resmi oleh Ketua STPP Bogor Nazaruddin.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018